APLIKASI METODE KISAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTsN MODEL BANDA ACEH
Abstract
Salah satu metode pendidikan Islam dalam pembentukan karakter siswa yaitu metode kisah. Metode kisah mempunyai daya tarik yang menyentuh perasaan siswa dalam belajar. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana aplikasi metode kisah dalam pembentukan karakter siswa di MTsN Model Banda Aceh, untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode kisah dalam pembentukan karakter siswa di MTsN Model Banda Aceh, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat aplikasi metode kisah dalam pembentukan karakter siswa di MTsN Model Banda Aceh. Data yang penulis peroleh dalam penelitian ini meliputi library research dan field research. Hasil penelitian ini yaitu langkah-langkah aplikasi metode kisah dalam pembentukan karakter siswa di MTsN Model Banda Aceh meliputi; (a). Menyiapkan materi pengajaran, yaitu guru menyiapkan buku pegangan seperti buku kisah nabi, buku kisah Islami, dan dll. (b) Penggunaan alat peraga, yaitu buku, gambar dan sebagainya. (c) Teknik evaluasi metode kisah, yaitu; Evaluasi kisah itu sendiri, dan evaluasi rangkaian proses berkisah. (d) Menutup dan menarik kesimmpulan. Pengaruh metode kisah dalam pembentukan karakter siswa di MTsN Model Banda Aceh yaitu; (a) mendidik akhlak siswa, (b) menanamkan moral dan rasa ingin tahu terhadap hal baru bagi siswa, (c) meningkatkan kepekaan perasaan siswa, (d) mempengaruhi pola berfikir siswa, (e) memperkuat nilai ketauhidan bagi siswa, (f) Mengembangkan aspek moral. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter siswa di MTsN Model Banda Aceh, yaitu; (a). Faktor Pendukung. Meliputi; kemampuan guru menguasai dan memilih materi kisah, lingkungan sekolah yang nyaman, dan sumber belajar yang tersedia, serta tingkat kecerdasan murid. (b) Faktor penghambat. Meliputi; hambatan waktu dan hambatan evaluasi.
Key word: metode, kisah, dan pembentukan karakter
References
Umdirah, Abdurahman. Metode Al-Qur'an dalam Pendidikan, Terj. Abdul Hadi Basulthanah, Surabaya: Mutiara Ilmu, tth.
Abdul Majid, Abdul ‘Aziz’, Mendidik Anak Lewat Kisah, Terj. Syarif Hade Musyah dan Mahfud Luqman Hakim. Jakarta: Mustaqin, 2002.
Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan, Jakarta: Ciputat Press, 2002, Cet. Ke-1.
Imron, Acmad Hidayat dan Arief. Paduan Mengajar KBK di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Insida Lantabora, 2004, Cet ke-1.
Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja RosdaKarya, 2000.
Kesuma, Dharma. Pendidikan Karakter, Bandung: Rosida, 2013.
Saefuddni, Didi. Pedoman Memahami Kandungan Al-Qur’an, Jakarta: Granada Sarana Pustaka, 2005.
Supriadi, Eddy. Srategi Belajar Mengajar, Jakarta: LPGTK Tadika Puri,
http://pengertian-definisi.blogspot.com/2012/04/tujuan-pendidikan-karakter-bangsa.html (23April 2013)
Muhammad Sa’id Mursy, Seni Mendidik Anak. Jakarta: Arroyan, 2001.
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Askara, 1999.
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multi Dimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Mulyasa, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Aunillah, Nurla Isna. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogjakarta : Laksana, 2011.
Masyah, Syarif Hade, dkk., Mendidik Anak Lewat Kisah Dilengkapi 30 Kisah, Jakarta: Mustaqim, 2003, Edisi Revisi.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam . Kalam Mulia, 2010.
Refbacks
- There are currently no refbacks.