HAMBATAN GURU DALAM PENGEMBANGAN PROFESI (PENELITIAN PADA GURU-GURU SMP NEGERI 4 SEULIMUEM KABUPATEN ACEH BESAR)

Nurhayati Ahmad

Abstract


Pengembangan profesi bagi guru-guru sangat penting dilakukan. Oleh karena itu, guru-guru harus selalu mengembangkan profesi sepanjang masa. Sebelum mengajar, guru-guru dituntut belajar terlebih dahulu, agar proses belajar-mengajar (PBM) yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar sehingga  tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai dengan optimal. Adapun tujuan penelitian adalah: (1) Untuk memperoleh informasi tentang ada tidaknya hambatan-hambatan yang dihadapi guru-guru SMP Negeri 4 Seulimeum Kabupaten Aceh Besar dalam melakukan pengembangan profesi. (2) Ingin membuktikan penyebab hambatan-hambatan yang dialami oleh guru-guru SMP Negeri 4 Seulimeum sehubungan pengembangan profesi pendidikan dan keguruan sesuai dengan bidangnya. Dari hasil pengolahan data dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu: (1) Terdapat hambatan yang menggganggu guru-guru SMP Negeri 4 Seulimuem dalam mengembangkan profesi. Mereka masih tetap berusaha menambah pengetahuannya, agar karirnya semakin berkembang sehingga dapat mengajar dengan memperoleh hasil yang baik, (2) Penyebab hambatan dalam mengembangkan profesi guru-guru SMP Negeri 4 Seulimuem yaitu: (1) Tempat tinggal guru-guru sangat jauh dengan lokasi sekolah ia mengajar, (2) Tidak tersedianya buku-buku bacaan di perpustakaan sekolah ia mengajar, (3) Daya serap sudah semakin berkurang, (4) Karena banyaknya kegiatan di luar tugas mengajar, dan (5) Faktor waktu untuk belajar sangat kurang.

 

Kata kunci: hambatan, guru, pengembangan profesi


References


Hadiyanto (2004). Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moleong, L.J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

N, Sudirman dan Rusyan, A.T. (1992). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, S. (1988). Metode Research ed 2. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, S. (2004). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, M. Ngalim (1991). Ilmu Pendidikan Tioritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Salam, Burhanuddin (2004). Cara Belajar Yang Sukses di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sujana, N. (1989). Dasar-Dasar Konsep Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Surachmad, W. (1985). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Suryosubroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan Disekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tilaar, H.A.R (2002). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo A.L. (2005) Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Cemerlang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.