STRATEGI PENINGKATAN KINERJA DOSEN FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH
Abstract
STRATEGI PENINGKATAN KINERJA DOSEN FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH
oleh
Ema Sulastri
Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Banda Aceh
ABSTRAK
Peningkatan kinerja dosen merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di perguruan tinggi, baik mutu profesional maupun mutu layanan. Hal ini dapat dilakukan dengan melaksanakan manajemen yang mendukung tugas dan tanggung jawab dosen sebagai bagian dari civitas akademika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan kinerja dosen pada Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif naturalistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri atas dekan, dosen, Kepala Tata Usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi peningkatan kinerja dosen di Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh dilaksanakan dengan pembinaan kualifikasi dan peningkatan kompetensi dosen melalui penugasan studi lanjut, penataran, lokakarya, dan seminar. 2) Strategi peningkatan kecakapan kinerja dosen sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan yang disusun oleh dosen sebelum melaksanakan perkuliahan, pengorganisasian bahan pembelajaran, adanya pengelolaan kegiatan perkuliahan, pengelolaan kelas; penggunaan media dan sumber belajar, penggunaan waktu, serta keaktifan dosen dalam kegiatan penelitiaan dan pengabdian. 3) Strategi peningkatan kesungguhan kinerja dosen meliputi: pembinaan dosen yang berkaitan dengan tanggung jawab dosen terhadap perkembangan mahasiswa dalam belajar, kedisiplinan dosen dalam melaksanakan tugas, berkerja sama dengan teman sejawat, bersifat terbuka terhadap masukkan dan saran, mengembangkan bahan kuliah, mengembangkan perkuliahan yang inovatif, berusaha dalam memperkaya penguasaan materi, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Kata kunci: peningkatan, kinerja, dan dosen
References
Dikti. 2007. Pedoman Penelitiaan Hibah Bersaing. Jakarta: Departemen Pendidikan Tinggi.
Nurudin. (2006) Terancamnya Profesionalitas Dosen. Suara Merdeka, 4 Desember.
Sugiyono ,(2004). Memahami Peneliitian Kualitatif. Bandung: Afabbeta
Sule, Ernie Tisnawati (2005) Pengantar Manajemen. Jakarta: Prenada Media.
Usman. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Rosdakarya
Uwes, Sanusi. (1999) Manajemen Pengembangan Dosen. Jakarta: PT Lagos Wacana Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.