PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS VIIIc MTs DARUL IHSAN ACEH BESAR
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada materi Sistem Gerak Manusia disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami materi ini, selain itu metode pembelajaran yang digunakan juga kurang tepat. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan metode peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada materi Sistem Gerak Manusia dan respon siswa terhadap penerapan metode peta konsep pada pembelajaran materi sistem gerak manusia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIc MTs Darul Ihsan sebanyak 34 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one shot case study. Pengambilan data menggunakan test dan angket, analisis data melalui teknik persentase. Hasil penelitian diperoleh 30 siswa (88,23%) mencapai ketuntasan belajar minimal (KKM) yang ditetapkan 63. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan mengunakan peta konsep yang diterapkan sangat positif.
Keyword: penerapan metode pembelajaran, peta konsep
References
Anas Sudjono. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo.
Bobbi Deppoter. 2002. Quantum Teaching, Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang Kelas, Bandung; Kaifa, 2002
I Nyoman Muliasa. 2002. Penggunaan Peta Konsep dalam Pembelajaran (makalah), Malang: Program pasca Sarjana UNM, 2002
Lie Anita. 2004. Cooperatif Learning: Mempraktekkan Kooperatif Learning di Ruang Kelas, Jakarta; Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta; Rineka Cipta.
Sunarto. 2001. Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan, Surabaya; UNESA University.
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Pendidikan, Jakarta; Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.