PERBANDINGAN KESEGARAN JASMANI ANTARA SISWA SMP NEGERI 1 DENGAN SISWA SMP NEGERI 2 BANDA ACEH
Abstract
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di sekolah bertujuan untuk memacu pada pertumbuhan dan perkembangan jasmani, mental, emosional dan sosial, selaras dalam upaya membentuk dan mengembangkan kemampuan gerak dasar, menanamkan nilai, sikap dan membiasakan hidup sehat. Kesegaran Jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugas sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keperluan-keperluan mendadak. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui perbandingan tingkat kesegaran jasmani antara siswa SMP Negeri 1 Banda Aceh dengan siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Banda Aceh dengan jumlah siswa seluruhnya 670 siswa dan SMP Negeri 2 Banda Aceh dengan jumlah siswa seluruhnya 620 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan area probability sample (sampel wilayah), dengan jumlah 60 siswa, terdiri dari 30 siswa SMP Negeri 1 Banda Aceh dan 30 siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik penelitian diskriptif dengan teknik pengukuran. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk anak usia 10–12 tahun. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis data diperoleh thitung lebih kecil dari ttabel atau 0,916 < 2,048, maka ditolaknya hipotesis penelitian (Ha) dan diterimanya hipotesis statistik (Ho) artinya tidak terdapat tingkat perbedaan kesegaran jasmani pada siswa SMP Negeri 1 Banda Aceh dengan siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh.
Kata Kunci : kesegaran jasmani
References
Adisasmita, Yusuf dan Syarifuddin, Aip. 1996. Ilmu Kepelatihan Dasar. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti. Proyek Pendidikan Tingkat Akademik.
Amir, Nyak. (2006), Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Syiah Kuala UniversityPress, Banda Aceh.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baley, James A. 1986. Pedoman Atlet Teknik Peningkatan Ketangkasan dan Stamina. Semarang : Bahasa Prise.
Depdikbud, (1994). Petunjuk Pelaksanaan Pola Umum Pembinaan dan Pengembangan Kesegaran Jasmani. Jakarta: Depdikbud.
-------------. (1995). Alat-alat Tes dan Pengukuran Pendidikan Jasmani dan Penggunaannya. Jakarta: Depdikbud.
Giam (1993), Ilmu Kedokteran Olahraga, Binarupa Aksara, Jakarta.
http://pojokpenjas.blogspot.com/2008/08/kebugaran-jasmani.html
Khomsin, (2002). Paparan Kuliah Perkembangan dan Belajar Gerak. Semarang : FIK Unnes.
Lutan, Rusli dkk., 1992. Manusia dan Olahraga. Bandung: FPOK IKIP
Bandung.
Moeloek, Dasiana. (1984). Kesehatan Olahraga. Jakarta : Proyek Pembinaan SGO Jakarta.
Moelyono W, (1993). Kesehatan Olahraga. Jakarta : Depdikbud.
Roji (2004), Pendidikan Jasmani untuk SMP, Erlangga, Jakarta.
Sadoso S, (1992). Pengetahuan Praktis Kesehatan dan Olahraga. Jakarta : PT. Gramedia.
Sajoto, M. 1988. Peningkatan dan Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize.
Slamet SR, (1994). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Solo : Tiga Serangkai.
Sudjana, 1989. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Suharno.1993. Ilmu Choaching Umum. Yogyakarta: FPOK IKIP Yogyakarta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Sumosardjuno, Sadoso. 1994. Pengetahuan Praktis Kesehatan dalam Olahraga. Jakarta: PT. Gramedia.
Suniar, Leane (2002). Dukungan Zat-Zat Gizi untuk Menunjang Prestasi Olahraga. Jakarta : Kalamedia.
Syarifudin, Aip. 1992. Olahraga Untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Jakarta: CV Baru.
Wahjoedi. (2001). Landasan Evaluasi Pendidikan Jasmani. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Wahjoedi (2001), Landasan Evaluasi Pendidikan Jasmani, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Wirjasantosa, Ratal (1984), Supervisi Pendidikan Olahraga, Universitas Indonesia, Jakarta.
Zainuddin, M (1988), Metode Penelitian, Universitas Airlangga Surabaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.