PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT KUTA ALAM BANDA ACEH

Tarmizi Gadeng, Nadiatul Hikmah Ramadhani

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan pengembangan karir secara simultan dan parsial terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Kuta Alam Banda Aceh. Upaya untuk mewujudkan kinerja yang optimal dari seorang pegawai, tentunya membutuhkan program pelatihan dan pengembangan karir sehingga tujuan, ukuran dan penilaian tidak terjadi kesenjangan yang signifikan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data linier berganda dengan melakukan survei wawancara dan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 orang/ pegawai Kantor Camat Kuta Alam Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dengan nilai t-hitung (3,618) > t-tabel (2,018) yaitu pelatihan berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Pada uji simultan dengan nilai F-hitung (20,841) > F-tabel (3,238) yaitu pelatihan dan pengembangan karir secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Dan pengaruh pelatihan dan pengembangan karir terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Kuta Alam Banda Aceh berpengaruh signifikan yang positif.

Keywords


Pelatihan; Pengembangan karir; Kinerja

Full Text:

PDF

References


Syifa Umra ,Syifah (2019). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan karir Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pegadaian (Persero) Tbk, Cabang Syariah Keutapang. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Syiah Kuala. Vol.4 No.3, Edisi Agustus 2019.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rivai, Veithzal (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek. Bandung : Rajagrafindo persada.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo

Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Malhotra (2016) Marketing Research :An Applied Approach 3 European Edition. Harlow




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v10i2.998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.