ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN LISTRIK PRABAYAR DAN LISTRIK PASCA BAYAR DI KOTA BANDA ACEH

Erlinda Erlinda, Sulfitra Sulfitra, Jasrilyanda Jasrilyanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan tingkat kepuasan antara pelanggan listrik pra bayar dengan pascabayar di Kota Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara dari 98 responden yang terdiri dari 48 orang pelanggan listrik pasca bayar dan 48 pelanggan listrik pra bayar yang berada di kota Banda Aceh. Dengan menggunakan metode uji beda, diperoleh hasil bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan tingkat kepuasan pelanggan listri pra bayar dengan pelanggan listrik pasca bayar. Akan tetapi dari statistik deskrrata, rata-rata jawaban terhadap indikator kepuasan yang diukur dari layanan yang diberikan PT. PLN (Persero) cabnag Banda Aceh menunjukkan hasil bahwa kepuasan pelanggan listrik pra bayar (3,696) lebih tinggi dari pelanggan listrik pasca bayar (3,562) dalam satuan skala Likert lima jenjang.

Keywords


layanan; kepuasan; listrik pasca bayar; listrik pra bayar

Full Text:

PDF

References


Ambarwati Yulian Belinda (2014) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di PT. Bank Central Asia (Bca) Tbk Cabang Undaan Surabaya Jurnal Akrual Vol 6 No 1 STIE Perbanas Surabaya.

Arianto Mukhamad dan Nur Mahmudah (2014) Analisis Kepuasan konsumen di Jatiroso Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan Vol. 1 No. 2 Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. (2011), Metodologi Penelitian Bisnis. Untuk Akuntansi Dan Manajemen, Edisi Pertama. BPFE Yogyakarta.

Kotler-Keller, (2012), Marketing Management, Pearson, Global Edition.

Lupiyoadi, Rambat (2013) Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompentensi, Salemba Empat, Jakarta.

Malhotra, Naresh (2005) Marketing Research: An Applied Orientation, 4th ed, Prentice Hall, Inc

Nasution, M.N (2015) Manajemen Jasa Terpadu: Total Service Management. Bogor: Ghalia Indonesia

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2014), Pemasaran Strategik. Yogyakarta,. ANDI.

Tjiptono, Fandy (2009) Pemasaran Jasa, Andi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v10i1.996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.