HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIONAL, KOMPENSASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN ACEH

Amelia Rahmi, Muhammad Yudi Yufdiar

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kepemimpinan tranformasional secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh? Seberapa besar pengaruh kompensasi secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh? Seberapa besar pengaruh kompetensi secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh? Seberapa besar pengaruh kepemimpinan tranformasional, kompensasi, dan kompetensi secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan tranformasional terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh, untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh, untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh. untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan tranformasional, kompensasi dan kompetensi secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda yang sampel dalam penelitian adalah pegawai yang bekerja pada Dinas Pendidikan Aceh sebayak 77 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan tranformasional secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh, kompensasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh, kompetensi secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh. Secara simultan kepemimpinan tranformasional, kompensasi dan kompetensi berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh

Keywords


Kepemimpinan Transformasional; Kompensasi; Kompetensi; Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


AA. Anwar Prabu Mangkunegara, (2014), Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Aji, S.W. Suddin dan Suseno (2017). Analisis Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Melalui Kompensasi Sebagai Variabel Intevening (Survei Pada Karyawan PT.Wahana Sun Solo). Jurnal Studi Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Vol. 11, No.2, Hal 306-3016, Edisi Desember.

Almunawaroch. S. Suddin, S Dan Lamidi (2017), Pengaruh Kompensasi, Kepemimpinan, Kompetensi Dan Disimpiln Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Survei Pegawai Rumah Sakit Islam Amal Sehat Sragen). Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Vol. 17 No. 1, Hal 10-22. Edisi Maret.

Al Fajar, Siti., & Heru, Tri. (2010). Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Unit Penerbit Dan Percetakan STIM YPKN.

Basori, M.A. Prihiawan, W dan Daeulhay (2017). Pengaruh Kompetensi Karyawan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Krakatau Bandar Samudera). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), Vol.1 (2): hh. 149-175, Edisi Nopember 2017.

Bangun, Wilson. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta : Erlangga.

Creswell John.W. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dale, Timpe (2013). Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja, Cetakan kelima, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Endang Puspita Sari dan Helenia Touana. (2017). Komponen Kompensasi Pekerja Level Staff Bestatus Pekerja Waktu Tak Tertentu Pada PT. Pertamina Patra Niaga Jakarta Selatan. Jurnal Manajemen Administrasi Bina Insani Bekasi Timur, Vol. 5, No.1, Hlm. 96-82, Edisi Juni

Firda (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tranformasional Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Grand Victoria Di Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman. Vol. 3, Nomor 3, Hal, 612-624, Edisi Maret

Hartatik IP. 2014. Buku Praktis Mengembangkan SDM. Jogjakarta (ID): Laksana.

Kharis, Indra (2015), Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tranformasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intevening (Studi Pada Karyawan Bank Jatim Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 3, No, 1, Hal. 1-9, Edisi Maret

Mondiani, Tria (2012), Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN (Persero) UPJ Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis Volume 1 Nomor 1, Hal, 46-54 Edisi September 2012.

Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia.

Pasolong, Harbani (2012). Teori Administrasi Publik. Yogyakarta : Alfabeta.

Rande, Dina (2016). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pergubungan, Komunikasi Dan Informatiak Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Katalogis Universitas Tadulako, Vol. 4. No.2, Hlm 101-109, Edisi Februari.

Semadarmayanti, 2011. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Terhadap Kinerja (Studi Pada Guru SMK Palapa Semarang).

Semadarmayanti, 2011. Adad Danuarta Tujuan Penilai Kinerja Menurut Para Ahli.

Suparno, (2012). Penerapan Kompetensi, Pengembangan Karier dan Kinerja Karyawan yang ada di PT. Harda Esa Raksa

Sutrisno , Edy. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Jakarta : Kencama

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surono. Dhiana, P. Dan Warso (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tranformasional, Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Dengan Etos Kerja Sebagai

Variabel Intervening Pada PT. Muliapack Gravurindo Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Pandanaran Semarang, Vol. 02, No. 2, Edisi Maret.

Winanti , Marlianan Budhinigtias, (2012). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan (Survey Pada PT. Frisian Flag Indonesia Wilayah Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Unikom, Vol. 7, No.2. Hlm. 249-267.

Widjaja, M.Y.A, Yasid, M dan Misno A. (2018), Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Tranformasional Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitemen Organisasi dan Kepuasan Kerja Pada Yayasan Nurul Hayat. Jurnal Bisnis dan Manajemen Universitas STEI Tazkia, Vol. 11, Nomor, 1. Hal, 77-103, Edisi 6 juli.

Wibowo. 2013. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v10i1.991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.