STRATEGI PEMASARAN BNI KARTU KREDIT DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk KANTOR CABANG BANDA ACEH

Erry Dianto, Marlizar Marlizar

Abstract


Penelitian ini bertujuan adalah untuk menganalisis strategi pemasaran BNI Kartu Kredit dalam menghadapi persaingan global pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dimana jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari berbagai laporan dan dokumentasi dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memasarkan kartu kredit BNI Cabang Banda Aceh strategi yang dapat digunakan adalah strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing) yaitu menentukan segmentasi pasar yang akan dituju sesuai dengan target jenis produk kartu kredit yang dimiliki sesuai dengan segmentasinya. BNI Cabang Banda Aceh juga menggunakan strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated Marketing) seperti pemasaran Kartu Kredit affinity BNI-Unsyiah yang difokuskan kepada alumni Universitas Syiah Kuala yang ada diseluruh Indonesia. Disamping itu strategi lain yang digunakan oleh BNI Cabang Banda Aceh dalam memasarkan BNI Kartu Kredit yaitu dengan cara menerbitkan kartu kredit pre aproval, dimana terhadap nasabah-nasabah tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku langsung diusulkan untuk diterbitkan kartu kredit atas nama nasabah tersebut, apabila nasabah menyetujui atas penerbitan kartu tersebut langsung dapat dilakukan aktivasi kartu. Selanjutnya BNI memberikan kemudahan bertransaksi non tunai melalui aplikasi YAP (Your All Payment) sebagai alat pembayaran untuk (cashless) dan tanpa menunjukkan kartu debit atau kartu kreditnya (Cardless) melalui smartphone. Aplikasi YAP ini merupakan keunggulan yang dimiliki oleh BNI dan pertama di Indonesia.

Keywords


Strategi Pemasaran; BNI Kartu Kredit

Full Text:

PDF

References


Aesaria, S. M. (2014). Budaya Organisasi Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Berdampak Pada Kinerja Karyawan Pada BTN Ciputat. Jurnal Binus Business Review Vol. 5 No. 2

Aisjah, S. (2015). Pengaruh Keterlibatan Karyawan Gaya Kepemimpinan Dan Komitmen Organisasional Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pada BRI Cabang Probolinggo). Jurnal Media Mahardhika Vol. 13 No. 3

Akbar, A. (2017). Pengaruh Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja (Studi pada Karyawan PT PELINDO Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 47 No.2

Ansel, M. F. (2013). Pengaruh Keterlibatan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Polisi di Kepolisian Resor (Polres) Ende. Jurnal Vol. 05 No. 02

Arikunto, Suharsimi, (2014) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fathonah, Siti (2014) Pengaruh Kompensasi, Pengembangan Karir, Lingkungan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar Dengan Keyakinan Diri (Self Efficacy) Sebagai Variabel Pemoderasi. Artikel STIE AUB Surakarta

Fauzan, A. H. (2016) Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Mandiri. Tbk. Area Cirebon (Yos Sudarso). Artikel Pendidikan Manajemen Bisnis Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia

Fandi, Agus, Juariyah (2017) Pengaruh Kompensasi Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Bagian Building Management Sebuah Pusat Perbelanjaan di Kota Malang). Jurnal Ekonomi Bisnis Vol. 22, No.1

Ghozali, Imam. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gusmarni, Kasmirudin (2018). Pengaruh Keterlibatan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak Milano Teluk Kuantan. Jom Fisip Vol. 5

Hasibuan, Malayu S.P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta

Husin (2014). Pengaruh Variabel Personal, Organisasional, Dan Non Organisasional Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Pada Karyawan Perusahaan PT. PLN ( Persero) APJ Malang

Distribusi Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 14 No. 1

Indrayati, N. (2013). Pengaruh Keterlibatan Karyawan, Budaya Organisasi, dan Gaya Kepemimpinan terhadap Komitmen Organisasional dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi pada Universitas Brawijaya). Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 10, No. 2

Irawan, Bambang (2014) Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Manajemen Universitas Mulawarman Samarinda

Mariyanti, E. (2014). Pengaruh Keterlibatan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi (Studi Kasus Pada Perawat Rumah Sakit Swasta Di Kota Padang). Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer, Volume 1, No. 1

Muliana, Y. (2016). Pengaruh Keterlibatan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan Pada Pasar Modern Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu. Artikel Fakultas Ekonomi, Universitas Pasir Pengaraian

Purba. J. M. & Pujiastuti. S. E. (2013). Dilema etik & pengambilan keputusan etis. Jakarta. EGC.

Riza, F. A. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Bisnis Vol. 22, No. 1

Robbins SP, dan Judge. (2013). Perilaku Organisasi Buku 2, Jakarta : Salemba Empat.

Rosanti, D.I. (2014). Pengaruh Pendidikan, Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Lati Prayogi. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 11

Sapitri, R. (2016) Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Listrik Negara Area Pekanbaru. Jurnal JOM Fisip Vol. 3 No. 2

Sari, Fransiska (2014). Pengaruh Faktor Personal, Faktor Organisasional Dan Faktor Non Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Pada Pegawai Bagian Produksi PT. Kubota Indonesia). Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala

Sedarmayanti. (2014). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Septiadi, S.A. (2017) Pengaruh Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Pemediasi Komitmen Organisasional. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Simamora, Henry., (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE Universitas Gajah Mada

Sopiah. (2014). Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Andi

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang, 2015, Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, CAPS, Jakarta

Supranto, M.A. (2012). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Supranto, M.A. (2014). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sutrisno, Wahyudi (2014) Pengaruh Persepsi Karyawan Tentang Keadilan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Di Perusahaan X. Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia,

Syahrani (2014). Analisis Kinerja Aparatur Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Nunukan. Journal Administrative Reform, 2014, 2 (3): 1624-1636

Tjiptono. (2014). Kepuasan Dalam Pelayanan. Jakarta ; Salemba

Empat.

Umar, Husein. (2013) Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Jakarta: Ghalia Indonesia

Umar, Husein. (2013) Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Jakarta: Ghalia Indonesia

Wijono, Sutarto. (2014). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Kencana

Wiyono, G. (2013). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. STIM YKPN. Yogyakarta

Yakup, Y. (2017). Pengaruh Keterlibatan Kerja, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Jurnal Perisai, Volume 1,. No 3

Yulius, Saka (2014) Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Sekretariat Di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu. Jurnal Manajemen Universitas Bengkulu

Zurnali, Cut (2014). Learning Organization, Competency, Organizational, Commitment dan Customer Orientation: Knowledge Worker-Kerangka Riset MSDM di Masa Depan. Bandung: Unpad Press.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v9i2.979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.