PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN GAMPONG ACEH

Veranita Salikhah, Amelia Rahmi

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja terhadap efektivitas kerja pegawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 146 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F (serempak) dan uji t (parsial) dimaksud untuk mengetahui secara serempak dan secara parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (? = 0,05). Hasil penelitian berdasarkan uji semultan menunjukan bahwa variabel gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja berpengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh. Sedangkan secara parsial variabel gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja juga berpengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh. Variabel yang paling berpengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh adalah Gaya Kepemimpinan Transformasional. Implikasi dalam penelitian ini mengenai variabel gaya kepemimpinan bahwa pimpinan tidak membeda-bedakan antara pegawai yang satu dengan yang lain dalam pemberian tugas, pimpinan memberikan saran atau nasehat teknis mengenai pekerjaan kepada bawahan, pimpinan memberikan informasi, petunjuk, solusi, ide-ide tentang pelaksanaan kerja kepada pegawai. Kemudian implikasi penelitian mengenai motivasi kerja bahwa kantor (pimpinan) memberikan waktu istirahat yang cukup untuk makan, minum dan beribadah, kantor menyediakan tempat parkir yang luas dan aman untuk kendaraan pegawai dan pegawai diberi kesempatan untuk menyampaikan ide-idenya pada saat rapat

Keywords


Gaya kepemimpinan transformasional; motivasi kerja dan efektivitas kerja

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Panji. 2014. Psikologi Kepemimpinan. Rineke Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gie, The Liang. 2012. Administrasi Perkantoran Modern. Liberti Yogyakarta.

Gujarati, Damodar. 2011. Ekonometrika Dasar. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hair et al. 2010. Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. Pearson Prentice Hall.

Handoko, T. Hani. 2015. Manajemen. BPFE Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2014. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas, Bumi Aksara Jakarta.

Irawan, Bambang. 2014. Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Manajemen Universitas Mulawarman Samarinda.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2014. Perilaku Organisasi. Edisi 9. Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.

Lizawati, Ita. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Efektivitas Organisasi Melalui Pengambilan Keputusan. Jurnal Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintang Surabaya.

Melvani, Fricilia Nanda. 2012. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Efektivitas Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Badan Promosi Dan Perizinan Penanaman Modal Daerah (BP3MD) Provinsi Sumatera Selatan. Universitas Sriwijaya Fakultas Ekonomi.

Nadia Azlin. 2013. Analisis Efektivitas Pelayanan Adminstrasi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Ahmad Provinsi Riau. Jurnal Ekonomi Manajemen.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2013. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Nurdiansyah, Reza. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan AJB Bumiputera. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 3.

Putra, Sakra. B. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT Bank OCBC NISP Tbk. KCP Bekasi) Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Retno Damarstuti, 2014, Pengaruh Motivasi Kerja dan Pengawasan TerhadapEfektivitas Kerja Pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, Skripsi, Tidak Dipublikasikan.

Ristati. 2013. Analisis Pengaruh Kepemimpinan Situasional dan Motivasi Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan Divisi Produksi PT. Arun NGL Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis Volume 2, Nomor 1, Maret 2013 ISSN: 2338-2864 p. 57-68.

Siagian, Sondang, P. 2015. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Rineka Cipta Jakarta.

Sitanjak, Shinta. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokrtik Terhadap Efektifitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Timur Di Samarinda. E-Journal Administrasi Negara.

Slamet, Achmad. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. UNNES PRESS, Semarang.

Steers, Richard M. 2012. Efektivitas Organisasi. Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. 2010. Metode Riset Bisnis. Edisi Kedua. Yogyakarta; Andi.

Syahputra, Indra dan Yasri. 2015. Pengaruh Fungsi Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Personil Polisi Di Kantor Kepolisian Resort Pasaman Barat. Jurnal Ekonomi Manajemen.

Tri Septiani, 2011, Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan PO Sumber Alam Kabupaten Purworejo Skripsi UNNES Semarang, Tidak Dipublikasikan.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Umar, Hussein, 2014, Metodologi Penelitian Aplikasi Pemasaran, Jakarta, Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wahjosumidjo. 2014. Kepemimpinan yang efektif. Balai Pustaka, Yogyakarta.

Widiananingrum, Yeni. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Situasional Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Karyawan di Hotel Pandanaran Semarang). Artikel Jurusan Manajemen.

Wijonarko, R.W. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Agen. Skripsi Program Studi Manajemen-Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (Studi kasus pada agen PT. Asuransi Jiwasraya Persero Yogyakarta Kota Branch Office).

Winardi. 2012. Kepemimpinan dalam Manajemen. Raja Grafindo Persada Jakarta.

Yudha, Cahirol Anwar. 2014. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang). Jurnal Manajemen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Zulfikar. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Unit Instalasi Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana RSUD DR. Fauziah Bireuen. Jurnal Program Studi Administrasi Niaga Fakultas FISIP Universitas Almuslim.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v8i1.959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.