PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI STRUKTURAL DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH

Nelly Zahara Saifa, Tuwisna Tuwisna

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai struktural di Universitas Muhammadiyah Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada Universitas Muhammadiyah Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah kinerja pegawai struktural yang dikaitkan dengan motivasi dan budaya organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai struktural di Universitas Muhammadiyah Aceh yang berjumlah 222 sehingga diperoleh sampel sebesar 69 orang. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa ke dua variabel tersebut mempunyai pengaruh terhadap kinerja pegawai struktural pada Unversitas Muhammadiyah Aceh karena diperoleh koefisien regresi sebesar 58,1%. Faktor motivasi kerja mempunyai hubungan terhadap kinerja pegawai struktural Universitas Muhammadiyah Aceh sebesar 37,9%, dan faktor budaya organisasi mempunyai hubungan terhadap Kinerja pegawai struktural UniversitasMuhammadiyah Aceh sebesar 32,8%. Sementara koefisien determinasi yang diperoleh dengan nilai sebesar 31,7%, artinya faktor motivasi kerja dan budaya organisasi mempunyai pengaruh terhadap Kinerja pegawai struktural pada Unversitas Muhammadiyah Aceh. Implikasi dalam penelitian ini adalah dengan memenuhi hal-hal yang menyangkut motivasi kerja dan budaya organisasi maka kinerja pegawai struktural akan semakin meningkat.

Keywords


Motivasi; Budaya Organisasi; Kinerja

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, M. 2012. Manajemen Sumber daya Manusia Cetakan ke XVI. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara. 2013. Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prasastyadi, Tri Budi. 2012. Meningkatkan Kinerja yang Baik dalam Tempat Kerja/Kantor. http://itjen.kemdiknas.go.id/berita-116-meningkatkan- kinerja-yang-baik-dalam-tempat-kerjakantor. html (di akses tanggal 11 Agustus 2017).

Rivai. 2005. Performance Appraisal. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robins, P. 2012. Perilaku Organisasi Edisi Kesepuluh. Terjemahan. Gramedia: Indonesia.

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge, 2014. Perilaku Organisasi, Edisi 12 Jilid 1 dan 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sedarmayanti. 2013. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV mandar Maju.

Tika, M. P. 2016. Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Soedjono. 2015. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap kinerja Organisasi dan kepuasan Kerja karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 7 (1): 22-27.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v8i1.958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.