PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRINTER MEREK EPSON PADA TOKO DUNIA KOMPUTER BANDA ACEH

Tarmizi Gadeng, Tuwisna Tuwisna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian printer merek epson pada toko dunia komputer Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Rumus regresi yang digunakan adalah rumus regresi analisis linear berganda. Objek penelitian adalah Individu/pembeli pada Toko Dunia Komputer Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 146 responden. Sampel penelitian sebanyak 59 orang responden dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan atau secara bersama-sama inovasi produk dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Inovasi produk (X1) berpengaruh secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai thitung (5.237) lebih besar dari ttabel (2.003), maka keputusannya menolak H0 dan menerima Ha dan. Kualitas produk (X2) berpengaruh secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai thitung (3.236) lebih besar dari ttabel (2.003), maka keputusannya menolak H0 dan menerima Ha. Oleh karena itu, hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kedua variabel bebas mendukung hipotesis.

Keywords


Inovasi produk;kualitas produk;keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Tantri. (2014). Manajemen Pemasaran. Depok: Rajagrafindo Persada

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Assauri,Sofjan.(2009).Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi,edisi pertama.Jakarta:Rajagrafindo.

Balawera, Asrianto. (2013). Green Marketing dan Corporate Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik di Freshmart Kota Manado. Jurnal EMBA, Volume 1, Nomor 4, hal. 2117-2129.

Bob Sabran, (2012), Manajemen Pemasaran, penerbit erlangga

Dewanto Wawan(2014) Manajemen Inovasi, Yogyakarta: CV.Andi Offset

Fandy Tjiptono (2007) Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset, Edisi Pertama

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. (2011). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Center Of Academic Publishing Service

Hubeis, Musa. (2012). Manajemen Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis. Penerbit PT. Hecca Mitra Utama. Jakarta

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kotler, Keller, (2012). Manajemen Pemasaran edisi ketigabelas jilid 1 dan 2 dialihbahasakan oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlangga

Kotler, Keller, (2012). Manajemen Pemasaran edisi ketigabelas jilid 1 dan2 dialihbahasakan oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlangga

Kotler Philip, (2012), Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.

Kotler, Keller. (2016). Marketing management. 15e, Boston, Pearson Education

Kotler, Philip (2011). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Kotler Philip ,Kevin Lane Keller, (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat

Malhotra, Naresh. (2014). Basic Marketing Research. Pearson Education. England

Rasyid Harun Al, Agus Tri Indah (2018) Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Perspektif Vol. XVI No. 1 Maret 2018

Rinda Romdonah, Azis Fathoni, Andi Tri Haryono (2015) Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat (Studi Kasus Pada Konsumen Dealer Honda Pratama Kurnia Kasih)Journal of Management, 2015 - jurnal.unpand.ac.id

Schiffman, Leon G.,Kanuk, Leslie Lazar. (2009). Perilaku Konsumen. Alih bahasa Zulkifli Kasip. Jakarta : PT. Indeks Group Gramedia.

Sensi Tribuana Dewi. (2006). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Batik di Kota dan Kabupaten Pekalongan). Tesis. Universitas Diponogoro, Semarang

Setiadi, Nugroho J. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Sousa, F.C.Pellissier, R, Monteiro,I.P. (2012). Creativity, Innovation And Collaborative Organizations. The International Journal of Organization Innovation Vol 5 Num 1. p.26-59

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Edisi 1. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta

Tamamudin(2012), Analisis Pengaruh Pengenalan Merek, Persepsi Kualitas, Harapan Konsumen dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Membeli dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Produk Batik Sutra Halus Merek Tamina). Jurnal Penelitian Vol. 9, No. 2, November 2012. Hal. 283-300.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ummu Habibah , Sumiati(2016) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan MaduraJurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 31 48 Volume 1, Nomor 1 , Maret 2016

Vivil Yazia (2014) Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Studi Kasus Blackberry Center Veteran Padang)Journal of Economic and Economic Education Vol.2 No.2 (165 - 173)

Wardani Mustika Kusuma dkk (2017) Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Samsung Dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderasi (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISRI Surakarta)Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 17 No. 1 Maret 2017: 51 62

Winardi (2010) Manajemen Prilaku Organisasi, Edisi Revisi, Jakarta:Kencana

Yulindo, Kenshi Poneva. (2013). Pengaruh Atribut-atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Green Product Cosmetics Sariayu Martha Tilaar di Kota Padang. Jurnal Manajemen, Vol. 2 No. 1. http://www.ejournal.unp.ac.id (diakses 8 November 2014 pukul 22.19 WIB).




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v10i1.939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.