IMPLEMENTASI MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Fauzi Fauzi, Zainuddin Iba, Sutoyo Sutoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses manajemen dalam aktivitas komunikasi dan implementasi manajemen komunikasi dalam organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode studi kepustakaan. Berdasarkan metode tersebut, penulis mengumpulkan data dengan teknik simak catat untuk mengkaji dokumentasi berupa buku, literatur dan bahan pustaka lain yang relevan. Penelitian ini mengguakan teori hubungan manusia dari Elton Mayo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen dalam aktivitas komunikasi adalah menjadikan aktivitas komunikasi dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Karena, eksistensi suatu organisasi ditentukan oleh interaksi dari seluruh anggotanya, yang disebut dengan komunikasi organisasi. Maka, interaksi tersebut harus dikelola dengan menerapkan manajemen komunikasi. Sedangkan, implementasi manajemen dalam komunikasi organisasi adalah dengan menyelaraskan fungsi manajemen yaitu fungsi merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan dan melakukan pengawasan dengan komunikasi dalam organisasi (baik itu dalam posisi sebagai atasan maupun bawahan), antara lain forward communication yang mengalir secara downward (dari atas ke bawah, dalam bentuk tugas, perintah, pendelegasian dan lain-lain), sehingga menghasilkan suatu bentuk komunikasi yang efektif dan mencapai tujuan organisasi.

Keywords


Manajemen Komunikasil; Komunikasi Organisasi; Hubungan Manusia

Full Text:

PDF

References


Adler, Ronald B, G. R. (2006). Understanding Human Communication. Oxford University Press.

Barker, L. L. (1987). Communication. Prentice Hall.

Cornelissen, J. (2004). Corporate Communications Theory and Practice. Sage Publications Ltd.

Cutlip, S. M. (2007). Effective Public Realtions (2nd ed.). Kencana Prenadamedia Group.

Diwan, P. (1999). Communication Management. Erlangga.

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya. https://rosda.co.id/komunikasi/249-ilmu-komunikasi-teori-dan-praktek.html

Fattah, N. (2014). Landasan Manajemen Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Firliandoko, Robby, Muhammad Luthfie, A. K. (2018). Strategi Manajemen Komunikasi pada Bogor Ngariung. Jurnal Komunikatio, 4(1), 1326.

https://ojs.unida.ac.id/files/journals/7/articles/1208/submission/review/1208-3564-1-RV.pdf

Gutama, T. A. (2010). Perana Komunikasi dalam Organisasi. Jurnal Sosiologi Dilema, 25(2), 107113.

https://eprints.uns.ac.id/820/1/Peran_Komunikasi_Dalam_Organisasi.PDF

Handoko, T. H. (2011). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Penerbit BPFE.

Hasmawati, F. (2018). Manajemen dalam Komunikasi. Jurnal Al Idarah, 5(6), 7686. https://doi.org/10.37064/ai.v5i6.4830

Indarto, M. J. (2012). Manajemen Komunikasi Pemerintah dalam Kebijakan Transparansi Informasi. Universitas Indonesia.

Irwin, H. (1994). Managing corporate communication. Allen & Unwin Business and Management.

Katuuk, Oktaviani Margareta , Nourma Mewengkang, E. R. K. (2016). Peran Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Eksistensi Sanggar Seni Vox Angelica. Jurnal Acta Diurna Komunikasi, 5(5), 110.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/13546

Kaye, M. (1994). Communication Management. Erlangga.

Liliweri, A. (2014). Sosiologi & Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara.

Mathis, Robert L., J. H. J. (2010). Human Resource Management. Cengage Learning.

Morreale, Sherwyn P , Brian H. Spitzberg, J. K. B. (2007). Human Communication: Motivation, Knowledge, and Skills. Thomson Wadsworth.

Muhammad, A. (2014). Komunikasi organisasi. Bumi Aksara.

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.

Pace, R. W. and D. F. F. (2013). Komunikasi Organisasi : Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Dedy Mulyana (ed.)). Remaja Rosdakarya.

Ruliana, P. (2018). Komunikasi Organisasi. Rajagrafindo Persada. http://www.rajagrafindo.co.id/produk/komunikasi-organisasi/

Ruslan, R. (2018). Manajemen Publik Relation dan Media Komunikasi (14th ed.). Rajagrafindo Persada.

http://www.rajagrafindo.co.id/produk/manajemen-publik-relation-dan-media-komunikasi-rosady-ruslan/

Shockley-Zalabak, P. S. (2006). Fundamentals of Organizational Communication. Pearson.

Simmons, R. E. (1990). Communication Campaign Management, A System Approach. Longman.

Stoner, J. A. F. (1992). Manajemen. Erlangga.

Sugiono, A. (2009). Manajemen keuangan untuk praktisi keuangan. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. http://cvalfabeta.com/product/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-mpkk/

Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Mandar Maju.

Sutapa, M. (2006). Membangun Komunikasi Efektif di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 6976.

https://media.neliti.com/media/publications/112720-ID-membangun-komunikasi-efektif-di-sekolah.pdf




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v10i2.896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.