ANALISIS EVALUASI KINERJA PELABUHAN PERIKANAN LAMPULO DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN HIDUP DAN PENGURANGAN ANGKA PENGANGGURAN

Sulfitra Sulfitra, Agus Ariyanto

Abstract


Pelabuhan perikanan merupakan sentral kegiatan yang memiliki hubungan yang kuat terhadap keberhasilan kegiatan penangkapan ikan. Pelabuhan Perikanan Lampulo (PP Lampulo) Banda Aceh secara tata kelola operasional merupakan salah satu UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) yang berada dibawah Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh dengan tugas melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasioan dan/atau kegiatan teknis penunjang di bidang pengelolaan, pengawasan, penataan dan pengembangan serta pelayanan teknis pelabuhan perikanan. PP Lampulo dapat menciptakan berbagai lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan pemasukan bagi pemerintah dalam upaya peningkatan kesejateraan hidup dan pengurangan angka pengangguran melalui evaluasi kinerja PP Lampulo. Penilai evaluasi kinerja dari sisi evaluasi tujuan dan sasaran bahwa tujuan dan sasaran PP Lampulo sudah sesuai dengan pembangunan pelabuhan, begitu juga dengan rencana PP Lampulo sudah sesuai dilihat dari dampaknya kepada masyarakat. Lingkungan PP Lampulo sudah kondusif, walaupun masih terlihat kekurangan dok di pelabuhan tersebut. Pengukuran kinerja PP Lampulo dilakukan secara rutin setiap bulan untuk meningkatkan penghasilan yang lebih baik bagi masyarakat untuk kesejahteraan hidup dan pengurangan angka pengangguran.

Kata Kunci: Evaluasi Kerja, Kesejahteraan Hidup, Pengangguran


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Aceh (2015), Seri Analisis Pembangunan Provinsi Aceh 2015, Badan Aceh: Badan Pusat Statistik Aceh.

Bandur, Agustinus (2014), Penelitian Kualitatif (Metodologi Desain dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO 10), Jakarta: Mitra Wacana Media.

Fuad, A dan Nugroho, K.S (2014), Panduan Praktis Penelitian Kualitatif, Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Yokyakarta: Graha Ilmu.

Herdiansyah, Haris (2011), Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika.

Lasse, D.A (2014), Manajemen Kepelabuhan, Jakarta: Rajawali Pers.

Leksono, Sonny (2013), Penelitian Kualitatif Ilmu Ekonomi: Dari Metodologi ke Metode, Jakarta: Rajawali Pers.

Mangkunegara, A.A. Anwar Parabu (2012), Evaluasi Kinerja SDM, Bandung: PT Refika Aditama.

Peraturan Menteri (2012), PER.08/MEN/2012 Peraturan Menteri Tentang Kepelabuhan Perikanan. Kementrian kelautan dan perikanan Indonesia: jakrta.

Silalahi, Ulber (2009), Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT Refika Aditama.

Spillane, SJ. James J (2008), Metodologi Penelitian Bisnis, Yoyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Subandi (2012), Ekonomi Pembangunan, Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono (2014), Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfa Beta.

Suliyanto (2009), Metode Riset Bisnis, Yokyakarta: Andi.

Sutopo, A.H dan Arief, A (2010), Terampil Mengolah Data Kuantitatif dengan NVIVO, Cetakan-1, Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia (2008), Undang-Undang Republik Indonesia No. 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran: Jakarta.

Utari, Sri (2015), Aktivitas Sosial Ekonomi Masyarakat Di Sekitar Pelabuhan Perikanan Bulu Kabupaten Tuban Propinsi Jawa Timur, [Skripsi], Semarang: Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.

Wibowo (2012), Manajemen Kinerja, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Wirawan (2009), Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian, Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v8i1.577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.