ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM MENGATASI PENGANGGURAN DI KOTA BANDA ACEH

Gunawan Gunawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya pengangguran di Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui kebijakan pemerintah dalam mengatasi pengangguran  di Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif yang merupakan data sekunder, yang dilakukan melalui pengujian teori-teori dan melalui  penelitian  lapangan, dimana  metode deskriptif juga adalah untuk menganalisa data dengan cara  mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data sehingga dapat  memberikan suatu gambaran mengenai keadaan yang diteliti.

           Subjek dari penelitian ini adalah Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Kota Banda Aceh, Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah data-data mengenai kebijakan pemerintah dalam mengatasi pengangguran di Kota Banda Aceh, dimana data yang diperoleh selama tahun 2006 - 2015 dan data-data lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data meliputi: library research (penelitiankepustakaan), dan field research (penelitianlapangan) dengan metode  wawancara yaitu melakukan Tanya jawab sehubungan dengan permasalahan penelitiandan observasi lapangan.

           Hasil penelitian menjelaskan bahwa perkembangan tingkat pengangguran di Kota Banda Aceh dari tahun 2006 sampai 2015 mengalami peningkatan terus menerus dan mencapai puncak pada tahun 2010 yaitu 17,05% dengan peningkatan sebesar 10%  di bandingkan tahun sebelumnya dimana pada tahun 2009 tingkat pengangguran hanya berkisar 7,70%. Pemerintah Daerah melakukankebijakan – kebijakanlainnya seperti Mengembangkan wawasan, pengetahuan dan kemampuan jiwa kewirausahaan kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM), melakukan pembenahan, pembangunan dan pengembangan kawasan – kawasan, membangun lembaga sosial yang dapat menjamin kehidupan penganggur

 

Kata Kunci: Kebijakan Pemerintah, Pengangguran,Kota Banda Aceh

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v7i1.488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.