PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA UMKM MAKANAN RINGAN DI DESA AJUNG JEMBER

Muhammad Mukamal Zaenuri, Feti Fatimah, Tatit Diansari

Abstract


Dunia bisnis menghadapi era persaingan yang semakin ketat. Apabila perusahaan tidak dapat mempertahankan pangsa pasarnya maka perusahaan tersebut mungkin akan cenderung stagnan atau bahkan kehilangan pelanggannya. Secara umum, peran usaha kecil dan menengah (UKM) sangat besar, tidak hanya untuk pertumbuhan ekonomi negara maju, tetapi juga seluruh negara di penjuru dunia karena UMKM memberikan kontribusi yang berarti pada pertumbuhan domestik bruto (PDB) di setiap negara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan manganalisis pengaruh innovatif, risk taking, dan proactiveness terhadap kinerja perusahaan pada UMKM makanan ringan di desa Ajung Kecamatan Ajung Jember. Jenis penelitian ini penelitian ekploratoris dan konklusif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pemilik UMKM makanan ringan di desa Ajung Kecamatan Ajung Jember. Sampel yang digunakan sebanyak 68 responden. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa innovatif, Risk taking, dan proactiveness berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan pada UMKM makanan ringan di desa Ajung Kecamatan Ajung Jember.

 

The business world faces an era of increasingly fierce competition. If the company cannot maintain its market share, then the company may tend to stagnate or even lose its customers. In general, the role of small and medium enterprises (SMEs) is very large, not only for the economic growth of developed countries, but also for all countries around the world because MSMEs make a significant contribution to the growth of gross domestic product (GDP) in every country. The purpose of this study was to determine and analyze the influence of innovation, risk taking, and proactiveness on company performance in snack food SMEs in Ajung Village, Ajung Jember District. This type of research is exploratory and conclusive research. The population in this study are MSME snack owners in Ajung Village, Ajung Jember District. The sample used was 68 respondents. The analysis tool uses multiple linear regression. The results of the study prove that innovation, risk taking, and proactiveness have a significant effect on company performance in snack food SMEs in Ajung Village, Ajung Jember District.


Keywords


Innovativeness, Risk taking, Proactiveness, Company Performance.

Full Text:

PDF

References


Ashari, R. (2022). Kecil Tapi Kreatif: Entrepreneurial Marketing Pada Umkm Ekonomi Kreatif (Mamoma Bubble). Hamka Insight, Xxxxx, 41–48. https://sscsi.org/journal/hamka/article/view/4%0Ahttps://sscsi.org/journal/hamka/article/download/4/18

Budiati, Y., & Universari, N. (2017). Strategi Entreneurial Marketing Pada Umkm Klaster Bandeng Presto Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(2), 248. https://doi.org/10.26623/jdsb.v18i2.582

Cahyani, A. A., Mallongi, S., & Mahmud, A. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Innovativeness , Keunggulan Bersaing, Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Makassar. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1), 219–232. https://doi.org/10.33096/paradoks.v4i1.768

Elia Quanta Nanda & Bambang haryadi. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Surabaya. Agora, 3(1)

.

Elvina. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja UMKM. Jshp, 4(1), 46–55.

Fatimah, F. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Semangat Kewirausahaan Anggota ‘Aisyiyah Sehingga Dapat Meningkatkan Kemajuan Amal Usaha Muhammadiyah (Studi Kasus Pada Cabang ‘Aisyiyah Balung Jember). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 71–82. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i1.1717

Fandy, Tjiptono. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Multivarie dengan Program IBM SPSS. BP Universitas Diponegoro

Indah Mustikowati, R., Wilujeng, S., & Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, P. (2016). Religiusitas dan Kewirausahaan; Faktor Kritis dalam Mencapai Kinerja perusahaan pada UKM di Kabupaten Malang. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 102–113.

Kusumawati, R. (2010). Pengaruh Karakteristik Pimpinan dan Inovasi Innovativeness Baru Terhadap Kinerja Perusahaan untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(9), 53–64. https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/AKSES/article/view/526/648

Kasmir. (2016) Manajemen Sumber Daya Manusia (teori dan praktik). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. and Keller, K.L. (2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, P. dan Amstrong G. (2014). Principle of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Lantu, D. C., Triady, M. S., Utami, A. F., & Ghazali, A. (2016). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(1), 77–93. https://doi.org/10.12695/jmt.2016.15.1.6

Lekmat, L., Selvarajah, C., & Hewege, C. (2018). Relationship between Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, and Firm Performance in Thai SMEs: The Mediating Role of Marketing Capabilities. International Journal of Business and Economics, 17(3), 213–237. http://www.ijbe.org/table of content/pdf/vol17-3/02.pdf

Qomariah Nurul, (2016). Marketing Adactive Strategi. Jember : Cahaya Ilmu

Rahayu Puji Suci. (2019). Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis (Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), pp.46-58. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/17745

Shafariah, H., & Mattajang, R. (2016). DENGAN PERTUMBUHAN UMKM : PERAN ASPEK PERMODALAN DAN. 1(1), 61–70.

Stacho, Z., Urbancová, H., & Stachová, K. (2013). Organisational arrangement of human resources management in organisations operating in Slovakia and Czech Republic. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 61(7), 2787–2799. https://doi.org/10.11118/actaun201361072787




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v14i2.2149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.