PENGARUH LIVE STREAMING, INFLUENCER MARKETING, DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA SHOPEE DI KABUPATEN JEMBER (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER)
Abstract
Pembelian impulsif terjadi ketika konsumen tiba-tiba mengalami keinginan yang kuat dan terus-menerus untuk membeli sesuatu dengan segera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh live streaming, influencer marketing, dan motiavasi belanja hedonis dapat mempengaruhi pembelian impulsif pada shopee di wilayah jember. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini terdiri dari mahasiswa atau mahasiswi aktif di Universitas Muhammadiyah Jember. Sampel yang digunakan berjumlah 80 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel live streaming mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Dengan t hitung 3.643 dan tingkat signifikansi 0.000. (2) Variabel influencer marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Dengan t hitung 3,683 dan tingkat signifikansi 0,000. (3) Variabel motivasi belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Dengan t hitung 2.249 dan tingkat signifikansi 0.000. Variabel live streaming, influencer marketing, dan motivasi belanja hedonis secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada shopee di wilayah jember (studi kasus universitas muhammadiyah jember).
Kata kunci: Live Streaming, Influencer Marketing, Motivasi Belanja Hedonis dan Pembelian Impulsif.
Full Text:
PDFReferences
Adi, I. (n.d.). PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS, GAYA HIDUP BERBELANJA DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA KONSUMEN E-COMMERCE TOKOPEDIA INDONESIA (STUDI KASUS di SURABAYA). 7.
Afif, M., & Purwanto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34. https://doi.org/10.47201/jamin.v2i2.51
Arij, F. N. (2021). PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA SHOPEE.CO.ID. 10.
Agustin, N., & Amron, A. (2022). PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI SKINCARE PADA TIKTOK SHOP. Kinerja, 5(01), 49–61. https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i01.2243
Amalia, K., & Nurlinda, R. (2022). PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI PERCEIVED VALUE PRODUK SERUM SOMETHINC. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya,Teknologi,danPendidikan,1(11),2383–2398. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i11.353
Dinova, S. (n.d.). PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING DAN FLASH SALE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PENGGUNA SHOPEE DI KECAMATAN JATINEGARA..
Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). PENGARUH INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA ELZATTA HIJAB GARUT). 18(1).
Lestari, S. R. I. (n.d.). SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI WIYATAMANDALA JAKARTA.
Mustika, W., Kurniawati, M., & Permata Sari, M. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Kategori Produk Fashion Online Pada Marketplace. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(1), 141–151. https://doi.org/10.31253/pe.v21i1.1796
Nanda, A. S., & Aristyanto, E. (2021). PERAN IMPULSIVE BUYING SAAT LIVE STREAMING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS E-COMMERCE SHOPEE). 6(2).
Prasetya, A. Y., Astono, A. D., & Ristianawati, Y. (n.d.). Analisa Startegi Pengaruh Influencer Marketing Di Social Media Dan Online Advertising Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko On Line Zalora).
Sari, N. K., Gimbo, C., Nurdin, N., & Haritza, D. (2023). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Fitur Tiktok Shop Di Kota Makassar. 5(2)
Setyawan, R. A., & Marzuki, Y. (2018). SURVEI APLIKASI VIDEO LIVE STREAMING DAN CHAT DI KALANGAN PELAJAR.
Septiyani, S., & Hadi, E. D. (2024). Pengaruh Flash Sale, Live Streaming Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying (Study Pembelian Produk Berrybenka Pada Pengguna Aplikasi Shopee). Jesya, 7(1), 970–980. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1505
Uyuun, S. N. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Feb Unesa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 1(2), 164–174. https://doi.org/10.55606/jempper.v1i2.390
Yulius, A., & Aprillia, A. (2023). PENGARUH LIVE STREAMING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PLATFORM TIKTOK. 8(4).
DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v14i2.2144
Refbacks
- There are currently no refbacks.