PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL, QUALITY OF WORK LIFE DAN SPIRITUALITAS TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN GAMPONG ACEH

Amelia Rahmi, Andrea Fitra

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Internal, Quality Of Work Life dan Spiritualitas terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh baik secara simultan maupun secara parsial. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 70 pegawai. Data penelitian dikumpulkan melalui daftar pertanyaan/kuisioner dan studi dokumentasi, hipotesis diuji dengan uji F (Simultan) dan uji t (Parsial) dimaksud untuk mengetahui pengaruh tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel Komunikasi Internal, Quality Of Work Life dan Spiritualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh. Pengujian secara parsial bahwa Komunikasi Internal, Quality Of Work Life dan Spiritualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh. Variabel Komunikasi Internal mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh. Implikasi penelitian ini yaitu kinerja pegawai saat ini sudah baik dengan adanya Komunikasi Internal kerja yang baik serta adanya Spiritualitas pegawai. Hal ini disebabkan pegawai memiliki kualitas kerja yang baik, kemudian pegawai dapat meningkatkan kuantitas kerja disetiap tugas yang diberikan, pegawai dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan pegawai dapat menyelesaikan tugas dengan efektif serta memiliki keahlian kerja yang baik.

Keywords


Komunikasi Internal, Quality Of Work Life, Spiritualitas dan Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Aman. S. (2017). Tren Spiritualitas Milenium Ketiga. Tangerang : Ruhama.

Amila, D. A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Quality Of Work Life dan Internal Locus Of Control Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Wijaya Kusuma. Jurnal Manajemen STIE Putra Bangsa, Vol. 1, No. 1, Hal 1-15

Arikunto, Suharsimi. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azis, A. (2018). Pengaruh Spiritualitas dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Resto Ayam Goreng Nelongso. Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang, Vol. 1, No. 1, Hal 1-13.

Devito, Joseph. (2016). Komunikasi Antarmanusia. Tanggerang Selatan : Karisma Publishing Group.

Elfindri. (2017). Solf Skill untuk Pendidik. Baduose Media.

Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, A. W. (2016) . SQ Nabi. Aplikasi Strategi Dan Model Kecerdasan Spiritual (SQ) Rasulullulah di Masa Kini. Yogyakarta: IRCiSod.

Hasibuan, Malayu S.P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Herawati. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Pada Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No. 1, Hal 1-11.

Jati, A. N. (2017). Kualitas Kehidupan Kerja Dan Komitmen Organisasional: Hubungannya Dengan Organization Citizenship Behavior. Jurnal Kiat BISNIS Volume 5 No. 2, Hal 89-97.

Khusnah, H. (2019). Pengaruh Spiritualitas di Tempat Kerja, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Volume XVII, Vol. 3, No 4, Hal 17-23.

Kreitner & Kinicki. (2018). Organizational Behavior. 8th Edition. McGraw Hill International Edition.

Mangkunegara AA. Anwar Prabu. (2018). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : Rafika Aditama.

Mukuan, A. S. (2017). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Sulut Kantor Pusat. Jurnal Manajemen, Vol. 1, No. 1, Hal 1-7

Munandar, Ashar Sunyoto. (2018). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta : Universitas Indonesia (UI- Press).

Nurdaya, A. D. (2018). Pengaruh Religiusitas Dan Spiritualitas Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Goro Assalam Hypermarket Di Surakarta). Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta, Vol. 1, No. 1, Hal. 1-9.

Rakhmat, Jaluludin. (2016). Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Ramadhan. (2016). Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Antara (Intervening Variable). Jurnal STIE YAPIS DOMPU, Vol. 2, No. 2, Hal 17-29.

Robbins, Stephen. P. & Timothy, A. Judge. (2017). Perilaku Organisasi. Jakarta. Salemba Empat.

Robson, Erick. (2016). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Dan Prilaku Kewargaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Perindustrian Dan Perdagangan Crumb Rubber. Jom Fekon Vol. 2 No. 1, Hal 13-28.

Rosanti, D.I. (2018). Pengaruh Pendidikan, Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Lati Prayogi. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 11, Hal. 31-39.

Rosito, Asina C. (2017). Spiritualitas dalam Perspektif Psikologi Positif. Jurnal Visi. 18 (1), Hal 29-42.

Sedarmayanti. (2018). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Simamora, Henry. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : STIE YKPN.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Rita. (2016). Hubungan Religiusitas dan Kualitas Kehidupan Kerja dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan. Jurnal Psikologi, Volume 11 Nomor 2, Hal 121-136.

Sutrisno, Wahyudi. (2018). Pengaruh Persepsi Karyawan Tentang Keadilan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja di Perusahaan X. Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.

Suwandi. (2021). Pengaruh Komunikasi Internal, Quality Of Work Life Dan Spiritualitas Di Tempat Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Kerja (Studi Kasus pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan). Jurnal Manajemen Universitas Pancasakti Tegal, Vol. 1, No. 1, Hal 1-11.

Tamami. (2017). Psikologi Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.

Wadini, Ni. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Komunikasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada Hotel Puri Dajuma Resort. e-journal Jurusan Pendidikan Ekonomi, Vol, 10. No. 2, Hal 19-31.

Winardi, J. (2018). Motivasi dan Permotivasian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wulandari, A. S. (2017). Pengaruh Quality of Work Life, Self Determination dan Job Performance Terhadap Work Engagement Pegawai. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 19, No. 1, Hal 1-9

Yuliarti, D. L. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset (DPPKA) Kota Bengkulu. Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu, Vol. 1, No. 1, Hal 1-15.

Yusriadi. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Pompanua Kabupaten Bone. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Makassar : UNM Makassar.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v13i1.1819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.