PENGARUH KOMPETENSI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PUSKESMAS SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR

Tarmizi Gadeng, Suryani Murad, Maita Safira

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisa pengaruh kompetensi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Puskesmas Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja di Puskesmas Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Sampel penelitian sebanyak 51 orang responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Analisis data yang digunakan adalah rumus regresi analisis linear berganda. Hasil penelitian yaitu kompetensi kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada Puskesmas Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada Puskesmas Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Kompetensi kerja tidak berpengaruh secara parsial namun berpengaruh secara serentak dan disiplin kerja berpengaruh secara parsial dan serentak terhadap kinerja pegawai pada Puskesmas Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar.

Keywords


Kompetensi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


AA. Anwar Prabu Mangkunegara. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Anggraeni, Dewi. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Human Karya Wilayah Semarang. Semarang: UNNES

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asriyanto, Nur Abib. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Kalika Intergraha Semaran. Semarang, UNNES

Atqiya. M.N. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pindad Turen Malang Melalui Variabel Kepuasan Kerja. Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim.

Azwar. Saifuddin. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Edi Sutrisno. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta : Penerbit Kencana

Elsa, A.P. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Umum Darmayu Ponorogo Tahun 2018. Madiun, STIKES Bhakti Husada.

Handoko, T. Hani. (2018). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Husein, Umar. (2019). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Moeheriono. (2018). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ranupandojo, Heidjrachman & Suad Husnan. (2018(. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE

Safitriani. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga di Kab. Jeneponto, Makassar, UIN Alauddin.

Sanjaya, M.T.R. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Ros In Yogyakarta. Yogyakarta, UNY.

Simamora. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : YKPN.

Situmorang, S. H., dan Lutfi, M. (2014). Analisa Data : Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Edisi Ketiga. Medan : USU Press

Sudarmanto, (2019). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tika H. Moh. Pabundu. (2018). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Cetakan Pertama. Jakarta : PT. Bhumi Aksara,




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v13i1.1818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.