PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Kajian Pada Puskesmas Darul Imarah Aceh Besar)

Febyolla Presilawati, S.E., M.M, Putri Shalhah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Puskesmas Darul Imarah Aceh Besar. Objek dalam penelitian ini yaitu Kompetensi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Puskesmas Darul Imarah Aceh Besar. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 responden. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda, uji F dan uji T dimaksud untuk mengetahui secara parsial dan secara simultan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil penelitian berdasarkan uji simultan menunjukkan bahwa variabel Kompetensi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada Puskesmas Darul Imarah Aceh Besar. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa variabel Kompetensi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada Puskesmas Darul Imarah Aceh Besar. Implikasi dalam penelitian ini yaitu Kompetensi pada Pegawai Puskesmas Darul Imarah Aceh Besar sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Selain itu pegawai pada Puskesmas Darul Imarah Aceh Besar memiliki Motivasi Kerja yang besar untuk meningkatkan kinerjanya, misalnya fasilitas bekerja lengkap, kondisi bekerja aman dan nyaman, Kepala Puskesmas memberikan penghargaan bagi pegawai yang berprestasi dan juga pujian untuk pegawai yang menjalankan tugasnya dengan baik dan memuaskan. Selain itu, pegawai pada Puskesmas Darul Imarah Aceh Besar mempunyai kepuasan kerja yang tinggi terhadap kinerjanya.

Keywords


Kompetensi, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Edison, Emron. Yohny anwar, Imas Komariyah. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Edy, Sutrisno, (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Ghozali, Imam, (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).Cetakan ka VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Puskesmasdarulimarah.wordpress.com (Diakses pada 20 Maret 2017)

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja, Edisi Kelima. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v13i1.1814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.