EKSPLORASI E-GOVERNANCE: MENJAWAB TANTANGAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE ERA VUCA DI INDONESIA

Ismaya Indri Astuti, Alya Nurayu Sulisman, Sri Ropika Dana Br Tarigan

Abstract


Transformasi Digital telah menjadi suatu pendorong utama dalam meralisasikan ambisi indonesia emas di tahun 2045. Ekonomi digital merupakan sektor utama dalam peningkatan pertumbuhan yang signifikan, khususnya dalam sektor perdagangan elektronik atau e-Commerce. Pertumbuhan e-commerce di Indonesia tidak hanya menjanjikan peluang, namun juga turut menyumbang tantangan yang kompleks di tengah dinamika era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity). Penelitian ini ditulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui studi literatur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kursial dari e-governance dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi digital, sekaligus menjawab tantangan kompleks yang timbul dalam menghadapi perubahan cepat dan ketidakpastian di era VUCA. kehadiran e-commerce di Indonesia telah menciptakan ketidakpastian hukum atau regulasi untuk menaungi gejolak pasar digital, perubahan yang cepat dari informasi dan teknologi menimbulkan kekhwatiran keamanan data pada masyarakat. Eksplorasi e-governance dapat dilihat dari tiga elemen utama yaitu support, capacity, dan value. Ketiga elemen tersebut dapat menjawab bagaimana e-governanace digunakan dalam menghadapi tantangan ekosistem e-commerce di era Vuca Indonesia.


Keywords


VUCA, E-Commerce, E-Governance

Full Text:

PDF

References


Adina Dwijayanti, P. P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68–73. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/982/772

Annur, C. M. (2022). Google Prediksi E-commerce Indonesia Terus Menguat sampai 2025. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/28/google-prediksi-e-commerce-indonesia-terus-menguat-sampai-2025

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik eCommerce 2022/2023. In Direktorat Statistik Keuangan dan Pariwisata (Ed.), Badan Pusat Statistik. Badan Pusat Statistik.

Creswell, W. J. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170

Ilham. (2021). E-Governance (pertama). CV. Budi Uatama. https://books.google.co.id/books?id=6AstEAAAQBAJ&pg=PA31&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=2#v=onepage&q&f=false

Indrajit, R. E. (2016). Konsep dan Strategi Electronic Government. Electronic Government, 84, 1–166. https://www.academia.edu/30100450/Electronic_Government

Mediana. (2023, September). Permendag No 31/2023 Tetapkan 6 Model Bisnis Perdagangan Daring. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/09/27/permendag-no-312023-mengakui-6-model-bisnis

Noor, J. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Kencana Prenadamia Group.

Nurhadryani, Y. (2009). Memahami Konsep E-Governance serta Hubungannya dengan E-Government dan E-Demokrasi. Seminar Nasional Informatika, 2009(semnasIF), 111–117.

Nurjati, E. (2021). PERAN DAN TANTANGAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA AKSELERASI MANAJEMEN RANTAI NILAI PRODUK PERTANIAN The Roles and Challenges of E-Commerce as an Acceleration Medium the Management Value Chain of Agricultural Products. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115–133. http://dx.doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133

Pakpahan, R. (2022). Analysis of the Effect of Vuca on Mental Health After the Covid-19 Pandemic. Information System, Informatics and Computing, 6(2), 578–588. https://doi.org/10.52362/jisicom.v6i2.965

PANRB, H. (2022). Reformasi Birokrasi Akselerasi Pemerintahan Dinamis di Era VUC. Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/reformasi-birokrasi-akselerasi-pemerintahan-dinamis-di-era-vuca

Praveen, K. (2018). HR in VUCA World. Nation Press. https://www.google.co.id/books/edition/HR_in_VUCA_World/2GqBDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=VUCA+Books&printsec=frontcover

Prihartono, D., & Tuti, R. W. (2023). Penerapan Pelayanan Publik Berbasis E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, 14(2), 192–201. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i2.5179

Santoso. (2016). Sistem Transaksi E-Commerce Dalam Perspektif Kuh Perdata Dan Hukum Islam. Jurnal Hukum Islam, 4(2), 217–246.

Santoso, K. (2015). Metode Keamanan E-Commerce. Jurnal TRANSFORMASI, 11(2), 99–108.

Satari, T. F. C. (2023, September 18). ”Social Commerce”, Siapa Diuntungkan? Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/opini/2023/09/17/social-commerce-siapa-diuntungkan

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tangkere, I. A., Argais Permana, T., & Aguw, Y. O. (2023). Tanggung Jawab Negara Dalam Perlindungan E-Commerce Menurut Hukum Perdagangan Internasional. Lex Administratum, XII(5), 3–10.

Tulungen, E. E. W., Saerang, D. P. E., & Maramis, J. B. (2022). Transformasi Digital : Peran Kepemimpinan Digital. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 1116–1123. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41399

Ummah. (2018). Santoso, S. (2016). Sistem Transaksi E-Commerce Dalam Perspektif Kuh Perdata Dan Hukum Islam. Ahkam: Jurnal Hukum Islam, 4(2), 217–246. https://doi.org/10.21274/ahkam.2016.4.2.217-246 Ummah, L. D. (2018). Rancang Bangun E-Commerce Pada Toko Kerudung Nuri . Nuansa Informatika, 12(2), 10–17.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v13i2.1865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.