DAMPAK PERTUMBUHAN PASAR MODERN TERHADAP EKSISTENSI PASAR TRADISIONAL

Yuslaidar Yusuf, Rahmad Hidayat

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak pertumbuhan pasar modern terhadap eksistensi pasar tradisional di Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini merupakan responden dari pasar modern yang berjumlah 5 orang penjual dari 5 jenis toko dan 30 responden dari pasar tradisional yang berada di Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Wawancara yang dilakukan menggunakan panduan wawancara yang berupa lembar wawancara, kemudian hasil wawancara dianalisis berdasarkan tiga langkah yaitu reduksi data, Display data (penyajian data) dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan pasar modern terhadap pasar tradisional berdampak besar bagi pasar tradisional hal ini ditunjukkan dari berkurangnya omset perhari di pasar Kampung Baru, pasar Peunayong dan pasar Lambaro tidak hanya mengalami penurunan omset akan tetapi juga mengalami penurunan pendapatan serta jumlah konsumen yang datang semakin berkurang sehingga banyak pedagang yang merasa dirugikan. Berbanding terbalik dengan pasar modern Suzuya Mall Banda Aceh yang semakin hari jumlah pendapatan dan omset serta pengunjung bertambah semakin pesat.

Keywords


Pertumbuhan Pasar Modern; Terhadap Eksistensi Pasar Tradisional

Full Text:

PDF

References


Agung, Bhakti Negara. (2018). Analisis Preferensi Konsumen dalam Berbelanja di Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Kota Makasar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Universitas Lampung. 2018.

Aldinur, Armi. (2016). Dampak Sosial Ekonomi Kebijakan Relokasi Pasar (Studi Kasus Relokasi Pasar Dinoyo Malang). Jurnal Administrasi Publik (Jap). Vol. 4, No. 10, hal. 1-6.

Asribestari dan Setyono. (2013). Pengaruh Daya Tarik Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Terhadap Preferensi Konsumen (Studi Komparasi Pasar Karangayu Dan Giant Superdome). Jurnal Teknik PWK. Vol. 2, No. 3. hal. 539.

Dian, Sukma Dewi. (2018). Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Pendapatan Para Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus di Desa Tanggul Angin Kecamatan Punggur. Skripsi. 2018.

Ekrat. (2018). Dampak Pertambangan Emas Tradisional Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus di Desa Huta Bargot Nauli Kecamatan Huta Bargot, Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi. 2018.

Endi, Sarwoko. (2008). Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Kinerja Pedagang Pasar Tradisional diwilayah Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi. Vol. 3 No. 2, hal. 98, Edisi Juni 2008.

Hamid, Patilima (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.

Ibrahim. (2015), Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Juliansyah, Noor. (2013). Metodologi Penelitian Skripsi, Tests Disertasi dan Karya Ilmiah. Cet. Ke 3. Jakarta:N Kencana.

Kasman Rasyidin & T. Zulham. (2017). Dampak Kemunculan Pasar Modern Terhadap Pedagang Pasar Tradisional di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Islam dan Bisnis Unsyiah. Vol. 2, No. 1, Februari 2017.

Mohkarim. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Yogyakarta: Uin Malik Press.

Moh, Kasiram (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Malang: UIN Maliki Press.

Moleong, Lexy. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursyid. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuraini dan Merdekawati. (2013). Ekonomi: Untuk SMA/MA Kelas X. Sidoarjo: Cetakan Kedua. Bandung: CV Alfabeta.

Philip, Kottler. (2001). Manajemen dan Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Putra Sian Arimawa & Feri Leasiwal. Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Eksistensi Pasar Tradisional Di Kota Tobelo Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Pundi, Vol. 02, No. 03, November 2018.

Sopiah. (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke 8.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukesi, Sugiyono, (2009). Dampak Keberadaan Pasar-Pasar Modern Terhadap Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus di Kota Balikpapan). DIE- Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, Vol. 5, No. 4.hal. 155.

Yasin, Muhammad & Ethicawati, Sri. (2007). Ekonomi Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Ganeca Exact.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v12i2.1605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.