PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pada Bengkel CV Yakin Kota Banda Aceh)

Tuwisna Tuwisna, Tarmizi Gadeng, Irwansyah Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus pada bengkel CV Yakin kota Banda Aceh). Metode yang digunakan adalah metode asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel atau lebih dalam suatu penelitian. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan rumus purba. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 konsumen bengkel CV Yakin kota Banda Aceh dan bersedia menjadi responden. Metode analisis yang diterapkan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel CV Yakin kota Banda Aceh. Peningkatan kepuasan pelanggan ditentukann oleh kualitas pelayanan. Semakin bagus kualitas pelayanannya maka seakin besar peluang bagi bengkel CV Yakin kota Banda Aceh dalam meningkatkan kepuasan pelanggan

Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Abdur Rohman (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel MR. Montir Citayam. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, h. 2.

Ahmad, Y., Tewal, B., & Taroreh, R. N. (2019). Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Fif Group Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Andari, C. L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Studi kasus Pengunjung The Sila's Agrotourism. Skripsi Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Br Situngkir, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Golongan B Pada Angkutan Kapal Laut Di PT. Tri Sakti Lautan Mas Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Doctoral dissertation, Universitas Teknokrat Indonesia.

Ginting, F. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Reddoorz Near Mikie Holiday. Doctoral dissertation, Universitas Quality Berastagi.

Kotler dan Keller, (2018). Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Langkai, A. S., Garatu, T., & Kapui, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Bahtera Motor Tangkura. Ekomen, 22(1), 55-64.

Lestari, M. M., Lie, D., Efendi, E., Halim, F., Putri, J. A., Loist, C., &

Putra, L. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Bengkel Anugrah Perumnas Batu Enam. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(1), 20-31.

Magdalena, M. (2018) Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Kpr Btn Pada PT. Bank Tabungan Negara Tbk. Cabang Padang. Jurnal KBP Vol 2 No. 2, Hlm 11-19.

Maghviro, A. N. M., Wahono, B., & Dianawati, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel HM Understell Kendaraan Roda Empat). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(17).

Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1267-1283.

Manengal, B., Kalangi, J. A., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Bengkel Motor Ando Tombatu. Productivity, 2(1), 42-46.

Mardikawati, Woro & Farida. 2018. Pengaruh Nilai Pelanggan & Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan pada Pelanggan Bus Efisiensi. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 2, No. 1.

Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., & Harnoto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 3(1), 26-38.

Sulistiyana, R. T. (2019). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 25 No. 1, Hlm 1-7.

Supranto, J. (2020). Statistika Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tambun, B., & Mariaty, L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil Roda Mas Auto Prima Jalan Gatot Subroto Medan. Jurnal Sains dan Teknologi ISTP, 17(1), 28-42.

Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2019). Pemasaran Strategik. Edisi kedua : Yogyakarta: Andi Offset.

William, W., & Purba, T. (2020). Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1).

Wulandari, Vonny. (2019). Pengaruh Fasilitas, Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Wisatawan di Kenjeran Park Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 6, No, 3. Hlm 23-31.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v12i2.1600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.