STRATEGI PEMASARAN KOPI USAHA DAGANG (UD) GAYO LUES COFFEE

Marlizar Marlizar, Nia Sutri Daini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada UD. Gayo Lues Coffee. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan obervasi. Analisis data menggunakan analisis SWOT, yaitu teknik analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats) untuk menentukan strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor kekuatan UD. Gayo Lues Coffee memiliki mitra resmi dan kerja sama dengan pihak dinas pertanian, perkantoran dan pihak swasta lain, harga yang di tawarkan relatif normal, kualitas produk kopi yang baik dan teknologi mesin yang sangat baik. Faktor kelemahan UD. Gayo Lues Coffee adalah belum memaksimalkan strategi pemasaran seperti kurangnya peromosi, brand yang belum begitu terkenal, manajemen internal masih bersifat tradisional, belum memiliki performance on-time yang baik. Faktor peluang UD. Gayo Lues Coffee adalah banyaknya orang yang membuka usaha seperti warkop, restauran, dan hotel, kualitas produk di akui konsumen, teknologi mesin yang sangat baik. Faktor ancaman UD. Gayo Lues Coffee adalah adanya persaingan yang sangat ketat keterbatasan strategi pemasaran, dan dan pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini merekomendasikan strategi pemasaran yang di dapat diterapkan oleh UD. Gayo Lues Coffee yaitu pemasaran dengan cara word of mouth, pemasaran langsung dari pabrik ke konsumen, dan pemasaran dari pabrik ke pedagang.


Keywords


Strategi Pemasaran; Faktor Internal dan Eksternal; Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2007), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa: Edisi Revisi, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Assauri, Sofyan (2008). Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan kedelapan, Penerbit: RajaGrafindo, Jakarta

Chandra, G. (2008). Strategi & Program Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Rangkuti, Freddy. (2016). Teknik Membedakan Kasusus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia

ICO (2019). International Coffee Organization. http://www.ico.org. Diakses 17 Oktober 2021.

Kotler, Philip. (2014). Manajemen Pemasaran, edisi keduabelas, cetakan pertama, Jilid I dan II, terjemahan Hendra Teguh, PT. Erlangga, Jakarta.

Shera Nur Izah. (2020) . Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia. Jurnal Daya Saing Kopi Indonesia di Pasar Eropa. Vol. 7. 11. Desember 2020

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Rakhmat, Jalaluddin. (2004). Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wikipedia, (2021). Sejarah Kopi. https://id.wikipedia.org.wiki. Diakses 17 Okteber 2021.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v12i1.1595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.