PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE (LMX) DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PEGAWAI PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA ACEH

Agus Ariyanto, Jasmiadi Jasmiadi

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh leader member exchange (lmx) dan kepuasan kerja terhadap produktivitas pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh baik secara simultan maupun secara parsial. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 62 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan uji simultan menunjukan bahwa variabel leader member exchange (LMX) dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Sedangkan secara parsial variabel leader member exchange (LMX) berpengaruh signifikan terhadap produktivitas pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Secara parsial variabel kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Keywords


Leader Member Exchange (Lmx); Kepuasan Kerja Dan Produktivitas Pegawai

Full Text:

PDF

References


Abdussamad (2017). Pengaruh Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawanpada PT Asuransi Jiwasraya Gorontalo. Jurnal Manajemen/Volume XVIII, No. 03, Oktober 2014: 456-466.

Ardana, Komang. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, Suharsimi, (2018) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Badriyah, Mila. (2016). Manajemen Sumber daya Manusia. Bandung : CV Pustaka Setia.

Dewi, I. S. (2017). Pengaruh Kepuasan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Perilaku Kewargaan Organisasional Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan PT Indonesian Knitting Factory Semarang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Handoko, Hani T. (2018). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hartatik, Indah Puji. (2018). Buku Praktis mengembangkan SDM. Jogjakarta : Laksana.

Hasibuan, Malayu S.P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Herlambang, A. L. (2017). Pengaruh Leader Member Exchange Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi Pada Pt. Ponsel Jobs Indonesia First Media Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 5 Nomor 1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Kusuma, A. P. (2017) Pengaruh Leader-Member Exchange (Lmx) Dan Organizational Climate (Iklim Organisasi) Terhadap Tingkat Burnout Karyawan (Studi pada Kepala Unit dan Karyawan Customer Service BRI Mojokerto). Jurnal Manajemen.

Mangkunegara A. A. (2018). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: rafika ADITAMA.

Mariyanti, E. (2018). Pengaruh Keterlibatan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi (Studi Kasus Pada Perawat Rumah Sakit Swasta Di Kota Pa.dang). Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer, Volume 1, No. 1.

Prasetyo, Edhi (2017) Pengaruh Kepuasan Dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Riyadi Palace Hotel Di Surakarta. Jurnal Manajemen Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Putra. A. A. (2016) Pengaruh Leader Member Exchange, Locus Of Control Terhadap Kepuasan Kinerja Dan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Mediating. Jurnal Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Robbins, S. & Judge, T. (2018). Organizational Behavior (14th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Rozak, H. A. (2016) Pengaruh Leader Member Exchange (LMX) Dan Person-Organization Fit(Po-Fit) Terhadap Organization Citizenship Behaviour(Ocb) Dengan Komitmen Organisasional Dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada pegawai di lingkungan BKD Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Manajemen Universitas Stikubank Semarang.

Sahlan, N. I. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Sulut Cabang Airmadidi. Jurnal EMBA Vol.3 No.1.

Sedarmayanti. (2018). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Sudirjo, F. (2018). Pengaruh Leader Member Exchange Dan Pemberdayaan Melalui Mediasi Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja (Studi Pada Kantor Notaris DI Propinsi Jawa Tengah). Artikel Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Supranto, M. A. (2018). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sutanto, E. M. (2018). Pengaruh Kualitas Leader Member Exchange (Lmx) Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Pada PT. Nutrifood Surabaya. Jurnal Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra.

Sutrisno, Edy. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenada Media Group. Jakarta.

Sutrisno, W. (2018) Pengaruh Persepsi Karyawan Tentang Keadilan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Di Perusahaan X. Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.

Tartib, A. P. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Pasundan 6 Bandung Dan SMK Pasundan 3 Bandung. Artikel Universitas Komputer Indonesia.

Tjiptono. (2018). Kepuasan Dalam Pelayanan. Jakarta ; Salemba Empat.

Umar, H. (2017) Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Wijono, S. (2018). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v12i1.1593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.