PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus Pada Pengrajin Ikan Asin Dikawasan Lhong Aceh Besar)

Fandi Bachtiar, Meliyati Meliyati

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran pada pengrajin ikan asin di kawasan Lhong Aceh Besar secara parsial dan simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pengrajin ikan asin di kawasan Lhong Aceh Besar secara parsial dan simultan. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda yang sampel dalam penelitian adalah pengrajin ikan asin dikawasan Lhong Kabupaten Aceh Besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Inovasi produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Secara simultan orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.The formulation of the problem in this study is whether the Entrepreneurship Orientation and Product Innovation have an effect on Marketing Performance on salted fish craftsmen in the Lhong Aceh Besar region partially and simultaneously. This study aims to determine and influence the entrepreneurial orientation and product innovation on the marketing performance of salted fish producers in the Lhong Aceh Besar region partially and simultaneously. Analysis of the data used in this study is a multiple linear regression analysis method in which the samples in the study were salted fish craftsmen in the Lhong region of Aceh Besar District. The results of this study indicate that entrepreneurial orientation partially influences marketing performance. Partial product innovation does not affect marketing performance. Simultaneously entrepreneurial orientation and product innovation affect marketing performance


Keywords


Orientasi Kewirausahaan; Inovasi Produk; Kinerja Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Adelia Agnes, James Massie, Imelda Ogi, Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi produk Terhadap Kinerja Pemasaran PT. BPR PRIMA DANA AMURANG, Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi. Vol. 4 No.1 Maret 2016, Hal. 1330-1339.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cynthia Vanessa Djodjobo dan Hendra N. Tawas, Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol.5, No3 Hal 50-58, 2014.

Darius, Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Manajemen Kualitas Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Industri Pangan Di Kota Bengkulu. Jurnal Program Studi Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitasdehasen Bengkulu. Vol. II, No2, Januari-Juni 2016.

Djaslim Saladin. 2012. Intisari Pemasaran Dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung, Linda Karya.

Fontana, Avanti.2011. Innovate We Can!. Bekasi : Cipta Inovasi Sejahtera.

Hubeis, Musa. 2012. Manajemen Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis. Penerbit PT. Hecca Mitra Utama, Jakarta.

Indriantoro, Nur., dan Supomo, Bambang. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Linda Apriani, Pengaruh Kewirausahaan Dan Invasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Pakaian Anak Pagarsih Bandung. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia. Vol. 5 No.1 April 2016, Hal 95-98.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Sugiyono, (2014) Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Suryana. 2013. Kewirausahaan : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Singgih Santoso, (2010). Statistik Nonparametrik konsep dan aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Sujatmiko, Eko. 2014. Kamus IPS. Surakarta: Aksara Sinergi Media Cetakan 1.

Ragil Liliyani, Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Kompetitif UKM Batik Pada Koperasi Batik Budi Tresna Desa Trusmi Kulon Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon. Jurnal Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Vol.1, No3, Agustus 2015.

Tjiptono Fandy, Chandra Gregorius, Adriana Dedi. (2012) Pemasaran Strategik edisi Yogyakarta : Penerbit Andi.

Tatik Suryani, Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: Graha Ilmu,2013), 118.

Wahyu Purnomo Aji, Analisi Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Dan Daya Saing Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Knalpot. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Vol.2, No.1 Juni 2014




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v10i1.1588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.