PENGARUH CELEBRITY ENDORSMENT TERHADAP MINAT BELI YANG DIMEDIASI CITRA MEREK PADA BUTIK DIAN PELANGI DI BANDA ACEH

Erlinda Erlinda, Said Firdaus, Julinda Dwi Siska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorrsement terhadap minat beli yang dmediasi oleh cita merek pada Butik Dian Pelangi di Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Aceh yang pernah mengunjungi butik Dian Pelangi Banda Aceh. Sampel penelitian ini sebanyak 96 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebrity Endorsement berpengaruh terhadap citra merek butik Dian Pelangi. Citra merek juga berpengaruh terhadap minat beli di butik Dian Pelangi Banda Aceh. Secara keseluruhan, citra merek berpengaruh signifikan dalam memediasi pengaruh celebrity endorsement terhadap minat beli

Keywords


Celebrity Endorrsement; Minat Beli; Citra Merek

Full Text:

PDF

References


Hair Jr. Joseph F, Black WC, Babin BJ, Anderson RE, 2013, Multivariate Data Analysis, Pearson, Global Edition.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education, Inc.

Kotler Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Schiffman & Kanuk. (2010). Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta : Prentice Hall

Setiawan, Licya. (2018). Pengaruh Celebrity Endorsement terhdap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variabel Mediasi. Jurnal manajemen Pemasaran. Vol. 12, No.1.

Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Sujana, Saraswati, Giantari. (2017). Peran Brand Image Memediasi Hubungan Celebrity Endorser dengan Purchase Intention. Forum Keuangan dan Bisnis Indonesia. Vol. 6, No.1.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v11i1.1587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.