PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMATKECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

Zuraidah Zuraidah, Fanny Maulida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan terhadap Kepuasan kerja. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai Kantor Camat Sawang yang berjumlah 40 orang. Penentuan jumlah sampel di lakukan dengan menggunakan teknik sensus dimana keseluruhan populasi dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan nilai Koefisien korelasi R sebesar 0,789 menjelaskan derajat hubungan (korelasi) antara variabel Lingkungan Kerja (X1) dan Kepemimpinan (X2) dengan Kepuasan Kerja (Y) pada Kantor Camat Sawang adalah positif dengan keeratan hubungan 78,9%. Adjusted R Square adalah sebesar 0,622. Nilai Adjusted R Square sebesar tersebut menjelaskan, peran variabel Lingkungan Kerja (X1) dan Kepemimpinan (X2) dalam mempengaruhi Kepuasan Kerja (Y) pada Kantor Camat Sawang adalah sebesar 0,622 atau 62,2%. Hasil uji F menunjukkan bahwa Lingkungan Kerja (X1) dan Kepemimpinan (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja (Y) pada Kantor Camat Sawang. Hasil Uji t menunjukkan bahwa Lingkungan Kerja (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja(Y) pada Kantor Camat Sawang, Kepemimpinan (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja(Y) pada Kantor Camat Sawang

Keywords


Lingkungan Kerja; Kepemimpinan; Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish.

Anugrah, Hazmi., Apriatni, Nurseto, Sendhang. (2017). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja. E-Jurnal Manajemen, Vol. 1. No.2.

Bungin, B. (2017). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Confessa, Angelo dan Ardana, Komang. (2016). Pengaruh Kompensasi, Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja. E-Jurnal Manajemen, Vol. 1. No.1.

Fahmi, Irham. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan S.P Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayati, Rahmah. (2016). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 3. No.2.

Kartikasari, Dewi. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Kompetensi dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja yang Berdampak pada Kinerja. Media Akuntansi, Vol. 30. No.1.

Nuryanti dan Sintasih, Desak. (2020). Kepuasan dan Komitmen Organisasional Berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9. No.3.

Praptriestrini. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 16. No.4.

Robbins, P Stephen & Judge, Timothy A. (2017). Organizational Behaviour. Jakarta: Salemba Empat

Sedarmayanti. (2017). Manajemen SumberDaya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keahlian. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy.(2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pranada Media Group, Jakarta.

Sunyoto, Danang. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v11i1.1585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.