PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MEREK LEMONILO DI BANDA ACEH

Fani Sartika

Abstract


Produk mie instan merupakan salah satu jenis produk yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pangsa pasar yang besar menjadikan persaingan produk ini sangat ketat. Pendatang baru seperti merek mie instan Lemonilo harus melakukan berbagai upaya agar dapat berkompetisi. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan adalah melakukan bauran pemasaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian mie instan merek Lemonilo di Kota Aceh. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 96 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner dan wawancara. Analisis korelasi dan determinasi dilakukan untuk mengetahui hubungan antar variable bebas dan terikat. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji t dimaksud untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat pada tingkat kepercayaan 95% (? = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan merek Lemonilo di Kota Banda Aceh.


Keywords


Bauran Pemasaran; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ghozali,I., 2014, Aplikasi Analisis Multivariante IBM SPSS 23, BP Universitas Diponegoro, Semarang.

Hasan,M. I., 2002, Pokok-Pokok Materi Pengambilan Keputusan, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Kotler, P., 2005, Manajemen Pemasaran, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler,P., dan Keller, K. L., 2012, Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, R., 2013, Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Salemba Empat, Jakarta.

Nasution, M. I, Prayogi, M. A., Nasution, S. M. A, 2017, Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Volume Penjualan. Jurnal Riset Sains Manajemen (JRSM), Vol.1, No.1.

Prayitno, A., Farika, D. F., Aji, R. T., Pangestu, R., dan Hartanto, S. T., 2021, Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Mie Lemonilo. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), Vol.34, No.21.

Putra, Q. E., Tarigan, Z. J. H., Sitepu, R. Br., dan Singh, S. K., 2020, The Impact of Marketing Mix on the Customer Purchase Decision in Surabaya-Indonesia Hotel Residence. SHS Web of Conferences, 76: 01038.

Tjiptono, Fandi, 2014, Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Survei Sosial Ekonomi Nasional, Jumlah konsumsi mie instan tahun 2020. Diakses 16 Maret 2021.

http://www.lokadata.id/artikel/




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v11i1.1584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.