PENGARUH UPAH, INSETIF, JAMINAN SOSIAL DAN TUNJANGAN KESEHJATERAAN TERHADAP PRODUKTIVITAS PEGAWAI PADA DINAS SOSIAL PROVINSI ACEH

Febyolla Presilawati, Riska Umaira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah upah, insentif, jaminan sosial dan tunjangan kesejahteraan mempunyai pengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai dan untuk mengetahui kombinasi dari upah, insentif, jaminan sosial dan tunjangan kesejahteraan mempunyai pengaruh terhadap produktivitas pegawai. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Sosial Provinsi Aceh yaitu berjumlah sebanyak 35 pegawai.Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 35 responden, metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan simple random sampling sebagai teknik pengambilannya. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis model statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji F, uji T dan koefisien determinasi (R2).Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara variabel independen yaitu upah, insentif, jaminan sosial dan tunjangan kesejahteraan terhadap variabel idependen yaitu produktivitas pegawai. Nilai uji hipotesis (ttest) diperoleh bahwa variabel upah mempunyai pengaruh terhadap produktivitas, kemudian variabel insentif mempunyai pengaruh terhadap produktivitas, jaminan sosial mempunyai pengaruh terhadap produktivitas, dan terakhir variabel tunjangan kesejahteraan mempunyai pengaruh terhadap produktivitas.Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa upah, insentif, jaminan sosial dan tunjangan kesejahteraan memiliki peran yang lebih besar dalam meningkatkan produktivitas pegawai.


Keywords


Upah; Insentif; Jaminan Sosial; Tunjangan Kesejahteraan;Produktivitas Pegawai

Full Text:

PDF

References


Agustin.(2014). Hubungan Antara Produktivitas Kerja Terhadap Pengembangan Karir Pada Karyawan PT. Bank Mandiri Tarakan. E-journal psikologi, Vol.2 No.1, hal.24-40.

Dunggio, M. (2014). Semangat Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Jasa Raharja (PERSERO) Cabang Sulawesi Utara. EMBA .

Flippo, E. B. (2016). Personel Management (Manajemen Personalia) Edisi. VII Jilid II. Jakarta: Terjemahan Alponso S, Erlangga.

Hasibuan, M. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. (Edisi Revisi) Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara.

lalu, H. (2015). Pengantar Hukum Ketenagakerjaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mangkunegara, A. A. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Serdamayanti. (2014). Sumber daya manusia dan produktivitas kerja. Jakarta: Mandar maju.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Supomo dan indriyanto. (2014). Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Sutrisno, E. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan ke tujuh). Jakarta: Kencana Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v11i1.1583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.