PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU BERBASIS ISO 9001:2015 TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA LEMBAGA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PENJAMINAN MUTU UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Yuslaidar Yusuf, Ewi Mauliza

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang penerapan sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001:2015 terhadap kinerja manajerial pada perguruan tinggi. Tujuan studi ini ingin mengetahui penerapan sistem manajemen mutunya. Siapa saja aktor yang terlibat, seta faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem penjaminan mutu berbasis ISO 9001:2015 yang dikembangkan dilembaga LP3M Unsyiah. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem jaminan mutu berbasis ISO:2015 menerapkan manajemen mutu terpadu dibidang pendidikan melalui penerapan prinsip transparasi, partisipatif, efesien, inovatif dan produktif dengan melibatkan semua aktor manajerial terkait seperti struktur dalam LP3M Unsyiah, (Ketua dan sekretaris), para ketua pusat pengembangan sistem manajemen mutu dan anggotanya dengan didukung oleh tim sekretariat, dan setiap tahunnya melakukan evaluasi dan monitoring terhadap 9 penilaian analisa resiko. Faktor pendukung penerapan sistem jaminan mutu berbasis ISO 9001:2015 yang diterapkan oleh LP3M Unsyiah dalam penguatan institusi adalah pimpinan yang mampu mempraktikkan prinsip dasar leadersip dan manajemen perguruan tinggi berupa: basic value, key ideas, essensial skill, self-awareness, dan kepemimpinan di level institusi (rektor dan wakilnya), ketua LP3M Unsyiah hingga struktur kebawah termasuk ketua sekretariat. Sedangkan faktor penghambat adalah masih ditemukan komunikasi non teknis yang belum terintegrasi antara pelaksana antara dari LP3M dengan pengalokasikan anggaran institusi dan masih belum maksimalnya sosialisasi kedalam dengan sivitas akademika ( mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan alumni serta pengguna lulusan) dalam menjawab survey rekap pelayanan penjamin mutu berbasis ISO 9001:2015 mempunyai implikasi pada sistem manajerial yang baik terhadap upaya hasil capaian yang diharapkan perguruan tinggi bukan perolehan standarisasi ISO 9001:2015 dapat memperkuat layanan jaminan mutu dalam mempertahankan perolehan Akredtasi A Yang didapat Unsyiah.

Keywords


Manajemen mutu ISO 9001:2015; Perguruan Tinggi; Leadership; Manajerial

Full Text:

PDF

References


Antaresti. (2017). Integrasi ISO 9001:2015 dan Standar Akreditasi BAN-PT Untuk Meningkatkan Daya Saing Institusi Pendidikan Tinggi di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. VOCATIO (Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Dan Sekretari, 1(1), 110.

Deysher, B. (2015). A Risk Based Thinking Model for ISO 9001 : 2015, 142.

Dodi Nandika, Soekartawi Rahman, Ronny Noor, W. G. K. dan M. (2006). Universitas, Riset dan Daya Saing Bangsa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gaspersz. (2005). ISO 9001: 2000 and Continual Quality Improvement. Jakarta: Gramedia.

George R. Terry dan Leslie W. Rue, (2011). Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara

Moleong. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nugroho, A. W. (2015). Strategi Sekolah dalam Menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) Berbasis ISO 9001 : 2015, (1).

Soerjaningsih, T. W. (2004). Peningkatan Mutu Proses Perguruan Tinggi Melalui Sistem Mutu ISO 9000. Journal The Winners, 5(2), 7989.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v11i1.1582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.