PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI KECAMATAN KALIWATES DAN PATRANG KABUPATEN JEMBER

Aldi Firman Syah, Eko Budi Satoto, Wenny Murtaliningtyas

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Kaliwates dan Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Penelitian yang dilakukan pada karya ilmiah ini adalah penelitian deskriptif dan kuantitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, yang melibatkan seluruh pelaku usaha UMKM di Kecamatan Kaliwates dan Patrang dengan jumlah 90 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji t. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan regresi linear dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Berpengaruh Signifikan Terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Kaliwates dan Patrang Kabupaten Jember.

 

Kata Kunci: Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran dan Perkembangan UMKM.


Keywords


Jurnal

Full Text:

PDF

References


Anggadwita, Grisna, and Qaanita Yuuha Mustafid. 2014. “Identification of Factors Influencing the Performance of Small Medium Enterprises (SMEs).” Procedia - Social and Behavioral Sciences 115:415–23. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.02.448.

Anoraga, Pandji. 2017. “Ekonomi Islam Kajian Makro Dan Mikro.” Yogyakarta: PT. Dwi Chandra Wacana.

Ashara, Dwi, Novi Mubyarto, and M. Yunus. 2021. “Pengaruh Modal Usaha , Karakteristik Wirausaha Dan Kualitas Laporan Keuangan Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Teluk Majelis Kabupaten Tanjung Jabung Timur.” 01(01):32–47.

Buchari, Alma. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Cetakan. Bandung: Alfabeta.

Buchori, Ahmad, Irkham Auladi, Ridho Ferinudin, Adelia Puspita, Dwi Rizki Pengesti, Luk Lui Kafita, Dian Rahmawati, Annisa Azzahra, Dini Khoirunnisak, and R. Aj Endang Apriliani. 2022. “Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha Dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Gula Jawa Di Desa Jongglosari Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo.” Community: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(1):32–56.

Budiarto, Rachmawan, Susetyo Hario Putero, Hempri Suyatna, Puji Astuti, Harwin Saptoadi, M. Munif Ridwan, and Bambang Susilo. 2018. Pengembangan UMKM Antara Konseptual Dan Pengalaman Praktis. Ugm Press.

Dewanti, M. A. 2022. “Pengaruh Karakteristik Wirausaha Dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Kabupaten Buleleng 1.” 8(1):236–42.

Djamarah dan Aswan. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, Feti, and Wenny Murtalining Tyas. 2020. “Strategi Bersaing Umkm Rumah Makan Di Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Penelitian IPTEKS 5(2):245–53. doi: 10.32528/ipteks.v5i2.3663.

Fatimah, Feti, Wenny Murtalining Tyas, Mega Anjar Widyabakti, and Nurul Ma’rifah. 2020. “Manajemen Inovasi Bernafaskan Islam Melalui Analisis SWOT Pada UMKM Kuliner.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 6(1):57–64. doi: 10.32528/jmbi.v6i1.3534.

Fatwa Apriliani, Miftahul. 2018. Economic Education Analysis Journal PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA DAN TENAGA KERJA TERHADAP KEBERHASILAN UMKM BATIK Info Artikel.

Ghozali, Imam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hadjimanolis, Athanasios, and Keith Dickson. 2000. “Innovation Strategies of SMEs in Cyprus, a Small Developing Country.” International Small Business Journal 18(4):62–79.

Hidayah, Arini, and P. Purnadi. 2017. “Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Orientasi Wirausaha Terhadap Kinerja Pemasaran Yang Dimoderasi Oleh Lingkungan Persaingan Pada Industri Batik Sokaraja, Kabupaten Banyumas.”

Huri Mustofa, Nur, Tina Afrilia, and Anisa Nur. 2021. “JURNAL SKETSA BISNIS Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pelaku UMKM Di Kabupaten Semarang).” Jurnal Sketsa Bisnis 08(02):82–98.

Inggarwati, Komala, and Arnold Kaudin. 2015. “Peranan Faktor-Faktor Individual Dalam Mengembangkan Usaha Studi Kuantitatif Pada Wirausaha Kecil Di Salatiga.” International Research Journal of Business Studies 3(2). Istinganah, Nur Fajar, and Widiyanto. 2020a. “Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendidikan, Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan UKM.” Economic Education Analysis Journal 9(2):438–55. doi: 10.15294/eeaj.v9i2.39293.

Istinganah, Nur Fajar, and Widiyanto. 2020b. “Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendidikan, Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan UKM.” Economic Education Analysis Journal 9(2):438–55. doi: 10.15294/eeaj.v9i2.39293.

Kasmir, S. E. 2015. Studi Kelayakan Bisnis: Edisi Revisi. Jakarta: Prenada Media.

Kotler. 2018. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lasoma, Arni, Sofhian Sofhian, and Yusran Zainuddin. 2021. “Pengaruh Modal Usaha Dan Strategi Pemasaran Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Di Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango.” Finansha- Journal of Sharia Financial Management 2(2):45–60. doi: 10.15575/fjsfm.v2i2.13923.

Latumaerissa, J. 2015. Perekonomian Indonesia Dan Dinamika Ekonomi Global. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Lela Suryani, Titin Agustin Nengsih, and Nurlia Fusfita. 2023. “Pengaruh Karakteristik Wirausaha Dan Modal Usaha Terhadap Perkembangan Gerai UMKM Di Desa

Purwodadi Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat.” Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime) 1(1):107–25. doi: 10.54066/jrime-itb.v1i1.92.

Lenggogeni, Laylani, and Augusty Tae Ferdinand. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Keputusan Pembelian.” Diponegoro Journal of Management 5(3):840–51.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v14i2.2143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.