PENGARUH KESADARAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Toko Busana Muslim Venka Gallery Banda Aceh)

Yusniar Yusniar, Hafidhah Hafidhah, Nada Fitria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kesadaran merek dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada toko busana muslim Venka Gallery Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 100 responden yaitu seluruh konsumen toko Venka Gallery Banda Aceh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu mengedarkan kuesioner melalui google form. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Penelitian menemukan bahwa kesadaran merek dan kualitas produk secara simultan dan parsiall berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan uji R2 pengaruh yang diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 36,0 % sedangkan sisanya 64,0 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Keywords


-

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (2013). Manajemen Pemasaran Strategis. Jakarta: Salemba Empat

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Grafindo Persada

Asy- Syatibi, A. I. (2003). Al-Muwafaqat Fi Ushul Asy-Syari'ah. Jilid 2. Beirut: Dar Al-Kutub Al-'Ilmiyyah.

Baetie, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Niagara Parapat Provinsi Sumatera Utara. Jurnal JOM FISIP, 5 (1), 1-13.

Chotijah, S. H. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa di Kota Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Darmawan, D. (2019). Kualitas Produk, Kesadaran Merek dan Harga Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 8 (2), 75-88.

Diah, T., U dan Saryadi. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas dan Asosiasi Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna IM3 (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro.

Diana, I., M. (2017). Pengaruh Kualitas Poduk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Frinces, H. (2011). Be An Entrepreneur. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gaspersz, V. (2008). Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hanafi, A. F. (2015). Pengaruh Brand Equity Mobil Toyota Yaris Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Mobil Toyota Yaris di Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Haris, D & Henny, W. (2018). Kualitas dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). Jurnal Upajiwa Dewantara, 2 (2), 125-139.

Kotler, P & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen. Alih Bahasa Bob Sabran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran. (2014). Tafsir Al-Quran Tematik. Jilid 1. Jakarta: Kamil Pustaka.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Prawirosentono, S. (2002). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Abad 21 Studi Kasus dan Analisis. Jakarta: Bumi Aksara.

Purnamasari, Y. I. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 5 (1), 1-12.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI). (2008). Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Atas Kerjasama Dengan Bank Indonesia: Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grapindo.

Rachel, F., S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Sepatu Bata MTC Giant Panam Pekanbaru. JOM FISIP, 6 (2), 1-14.

Ramadhani, R & Harry, S. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kesadaran Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Kartu Simpati di Wilayah Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 5 (3), 1-10.

Rivai, V. (2012). Islamic Business and Economic Ethics. Jakarta: Bumi Aksara.

Roselina, M., A & Asih, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Elsa Hijab Semarang. Majalah Ilmiah Solusi, 17 (3), 221-234.

Rozalinda. (2014). Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya Pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadat, A. M. (2009). Brand Belief: Sttategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.

Sarjono, H & Julianita, W. (2011). SPSS VS LISREL: Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Shihab, M. Q. (2012). Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an. Jakarta: Lentera Hati.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V.W. (2015). Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulfianto, A. (2010). Alqur'an dan Kepuasan Pelanggan Bank Syariah. Academia Edu.

Sunarto. (2006). Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Press.

Supranto. (2012). Metode Riset Aplikasinya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suwarman, U. (2014). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapnnya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Utama, B. A. (2014). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Toko Roti Shereen Cakes & Bread di Bandar Lampung). Universitas Lampung.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v11i2.1415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.