PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE DECISION PRODUK MS GLOW (STUDI KASUS PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @msglowbeauty)

R. Lusi Ariyani Putri, Agus Hermawan

Abstract


Tingginya persaingan antar produk perawatan kulit membuat konsumen dihadapkan pada beragamnya pilihan di pasar. Seiring dengan semakin meluasnya globalisasi yang didukung oleh teknologi yang semakin maju, konsumen memanfaatkannya untuk mencari informasi mengenai suatu produk sebelum mereka mengambil keputusan pembelian. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling, dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa electronic word of Mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > dari t tabel sebesar 4,224 > 1,985, celebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > dari t tabel sebesar 2,339 > 1,985, dan electronic word of Mouth dan celebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai f hitung > dari f tabel sebesar 54,475 > 3,09. Dengan demikian, electronic word of Mouth secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, celebrity endorser secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, begitu pula secara simultan electronic word of Mouth dan celebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.

Aini, T. M., Setyariningsih, E., & Utami, B. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Handbody Scarlett (Studi Kasus Pada Pengguna Handbody Scarlett Di Wilayah Mojokerto). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(11).

Ananta, H., Mahendra, I., Anggraeni, K., Putri, S., Ekonomi, F., Islam, U., Maulana, N., Malang, M. I., & Jl, ). (2022). Peran Endorser Selebriti, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Malang). In Journal of Business and Applied Management (Vol. 15, Issue 1). http://journal.ubm.ac.id/

Anisafirli, R., & Lusia, A. (2023). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Di Seira Skincare. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2.

Arni, P. S., & Nuraini, D. (2022). Pengaruh Celebrity endorser Terhadap Keputusan Pembelian Dengan kepercayaan merek Sebagai Variabel mediasi Pada Pelanggan Skincare Ms Glow Di Surabaya. Insight Management Journal, 3(1), 22–30. https://doi.org/10.47065/imj.v3i1.214

Bangsawan, A., Deni, M., & Elba, R. P. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Iklan Televisi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Mustika Ratu Di Muara Enim. Jurnal EKOBIS : Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 5(2).

Buntoro, D., Fathorrahman, & Pradiani, T. (2023). Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Mikrofon Seruniaudio Di PT. Seruni Karya Indonesia. Bursa:Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1).

Compas.co.id. (2022, March 28). Melihat Data Penjualan MS Glow Hingga Menjadi Salah Satu Brand Kecantikan Viral. Www.Compas.Co.Id.

Febriana, D. A., & Purwanto, S. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Daya Tarik Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Tabur Pixy. Scientific Journal Of Reflection : Economic, Accounting, Management, and Business, 6(1), 2615–3009.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, A., & Sitinjak, T. J. R. (2022). The mediating role of E-WOM on the relationship of social media and online purchase decisions: A lesson from Shopee. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 29(2), 29–38. https://doi.org/10.46806/jep.v29i2.887

Hawari, U., Sakti, A. S., & Zachwa, P. N. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Arief Muhammad Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(6), 95. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i6.138

Muhamad, K., Maulana, A., & Suyaman, D. J. (2022). Pengaruh Promosi Instagram dan Celebrity Endorsement Terhadap. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 14, 218–226. https://doi.org/10.5281/zenodo.6991537

Muhiban, A., & Putri, E. K. (2022). Pengaruh Tampilan Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee (Studi Kasus Konsumen Shopee di PT. Gucci Ratu Textile Kota Cimahi). Jurnal EMT KITA, 6(2), 249–266. https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.633

Mukuan, A. L., Moniharapon, S., & Poluan, J. G. (2023). Pengaruh Aktivitas Social Media Marketing Instagram, Electronic Word Of Mouth Dan Food Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mozzaoc Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 11(1), 193–203.

Nggilu, M., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA, 7(3), 2303–1174.

Prasetio, T., Suryanto, W., & Saputri, M. E. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Spotify Premium The Influence Of Electronic Word Of Mouth And Social Media Marketing On Spotify Premium Purchase Decisions (Vol. 10, Issue 1).

Rahim, H. (2023). Keputusan Kunjungan Wisata Ngungun Saok Yang Dipengaruhi Oleh Green Marketing dan E-WOM. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 3(1), 114. https://doi.org/10.47233/jebs.v3i1.565

Rahmah, R. M., & Supriyono. (2022). The Effect of Electronic Word of Mouth And Brand Image on Purchase Decision of Sariayu Face Mask

Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Sariayu. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2352–2359. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Rahmawati, A. W., Udayana, I., & Diansepti Maharani, B. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Online Customer Review Dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. RESLAJ : Religion Education Sosial Laa Roiba Journal, 4(4). https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i4.1055

Ramadhan, A. J., & Febrianta, M. Y. (2022). Pengaruh Social Media Usage Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bahan Bakar Pertamax Pertamina (Studi Kasus di Bandung Raya). SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 467–477. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3701

Robiatus Solicha, S. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser Jerome Polin Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedap Tasty Beef Yakiniku. Jurnal Netnografi Komunikasi, 1(2).

Situmeang, I. V. O. (2021). Pengaruh Daya Tarik Content Marketing dan Content Riview Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Followers Akun @msglowbeauty). Jurnal Ilmu Komunikasi, IV(II).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R & D.

Suryani, R., & Suyaman, D. J. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Media Sosial Instagram Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Karawang. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(3), 297–306.

Wangsa, I. N. W., Rahanatha, G. B., Yasa, N. N. K., & Dana, I. M. (2022). Promosi Penjualan Untuk Membangun Electronic Word Of Mouth Dan Mendorong Pengambilan Keputusan Pembelian (N. D. S. E. , M. S. Lashwaty, Ed.). Penerbit Lakeisha.

Wardani, D. S. D., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pengguna Scarlett Whitening). Jesya, 5(2), 1148–1160. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.689

Widyanto, I., & Albetris, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Padat Wardah Pada PT Pargon Tecnology and Inovation (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi STIE Graha Karya Muara Bulian). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 6(1), 138. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.239

Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Persepsi Risiko, Kepercayaan Pelanggan, Dan Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia. E-Jurnal Manajemen, 11(1).

Wulandari, S. A., Asiyah, S., & Mustapita, A. F. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow (Pada Mahasiswa FEB Prodi Manajemen Universitas Islam Malang). E-Jurnal Riset Manajemen , 12(01).

Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v14i1.2095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.