PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP MINAT BELI ULANG DI GERAI PUSAT AKSESORIS SIMPANG SURABAYA BANDA ACEH

Said Firdaus, Amelia Rahmi, Rizatul Ummi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kepuasan konsumen secara parsial terhadap minat beli ulang pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh, untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kepercayaan merek secara parsial terhadap minat beli ulang pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh dan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kepuasan konsumen dan kepercayaan merek secara simultan terhadap minat beli ulang pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Hipotesis penelitian ini yaitu kepuasan konsumen dan kepercayaan merek konsumen berpengaruh terhadap minat beli ulang pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan desain asosiatif kausal. Model analisis yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda dengan menggunakan alat penelitian berupa kuesioner dengan perhitungan skala likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 orang konsumen pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang Pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap minat beli ulang Pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Kepuasan konsumen dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen Pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Kepada pihak pengelola Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh disarankan agar meningkatkan kepuasan konsumen dan kepercayaan merek konsumen dalam upaya mempengaruhi minat beli ulang produk yang ditawarkan oleh perusahaan

Keywords


Kepuasan konsumen; Kepercayaan Merek; Minat Beli Ulang

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2015, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Alexander, Donny, 2015, Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2, No 1. Surabaya.

Annisa, Mira, 2016, Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Jasa Kurir Studi Kasus pada Pelanggan Pos Indonesia di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Skripsi, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Arifi, Moch Wildan, 2016, Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pakaian Wanita The Executive Di Surabaya, Jurnal STIE, Perbanas Surabaya, Vol. 1, No. 3.

Bungin, Burhan, 2015, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Edisi Kedua, Jakarta: Prenada Media.

Fandiyanto, Randika, 2019, Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Kopi Toraja Di Coffee Josh Situbondo, Ecobuss: Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Vol. 7, No. 1.

Djioe, Junita, 2017, Pengaruh Kepuasan, Harga dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Pempek 1707 Palembang, Jumal Manajemen, STIE MDP Palembang, Vol. 1, No. 2.

Ghozali, Imam, 2016, Teori Manjemen dan Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali, 2015, Marketing, Cetakan Ketiga, Yogyakarta: Media Pressdindo.

Hudzaifah, 2018, Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen, Skripsi, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Irawan, Hendi, 2014, Kepuasan Pelayanan Jasa, Jakarta: Erlangga.

Jogiyanto, Hartono, 2014, Metode Penelitian Bisnis, Edisi Ke-6, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2015, Manajemen Pemasaran, Edisi Tiga Belas Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kusumawati dan Normasari Kumadji, 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan, JurnalAdministrasi Bisnis, Vol. 6. No. 2.

Priyatno, 2016, Pengantar Statistik, Yogjakarta: Andi.

Masitoh, Martina Rahmawati, 2017, Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Toko Online, Jurnal Sains Manajemen, Vol. 3, No. 1.

Nastiti, Sri Adharini dan Surisno, Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Mebel di Kota Kediri, Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.

Nia, Itsna Ainin, 2016, Analisis Pengaruh Kepuasan Dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Ulang Pantene Studi Pada Young Female Semarang, Diponegoro Journal Of Management, Vol. 5, No. 3.

Santoso, Gempur, 2014, Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Sarwono, Jonathan, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Graha Ilmu.

Sekaran, Uma, 2017, Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Research Methods for Business, Buku 1 Edisi 5, Jakrta: Salemba Empat.

Sugiyono, 2015, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto, Dwi, 2014, Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang, 2015, Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Supomo dan Nur Indriantoro, 2014, Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Sunyoto, Danang, 2014, Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Syukur, Ainna Chairunnisa, 2017, Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Kemasan Studi Pada Aqua pada Masyarakat Kelurahan Terjun Medan Marelan, Skripsi, Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Tjiptono, Fandy, 2015, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Cetakan Keempat, Yogyakarta: Bayu Medi Publishing.

Umar, Husein, 2015, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis, Jakarta: Penerbit Rajawali.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v11i1.1205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.