PENGARUH IKLAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT DI SITUS ONLINE TRAVELOKA

Nara Pristiwa, Muhajir Muhajir

Abstract


Saat ini teknologi semakin berkembang, kemunculan tren digital membawa perubahan dan peningkatan terhadap pengguna internet, penjualan tiket secara online merupakan salah satu dari bisnis e-commerce yang dapat membantu penjual dan pembeli melakukan transaksi tanpa harus bertemu. Penelitian dengan judul pengaruh iklan dan harga terhadap keputusan pembelian tiket pesawat di situs online Traveloka memiliki rumusan masalah bagaimana pengaruh iklan dan harga terhadap keputusan pembelian tiket pesawat di situs online traveloka. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis asosiatif yaitu merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada dan tidak nya pengaruh atau hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat, adapun sumber data yang data yang digunakan adalah data-data yang langsung di peroleh dari responden dengan cara pemberian kuisioner dan data akan dianalisa dengan metode analisis linier berganda dengan program SPSS. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa variable iklan dan variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket pesawat di situs online traveloka dikarenakan semakin tinggi iklan maka akan membawa pengaruh terhadap keputusan pembelian dan harga merupakan salah satu faktor penentu dalam keputusan pembelian pada tiket pesawat di situs online Traveloka.


Keywords


Iklan; Harga; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ajeng, Peni Hapsari. 2008. Analisis Perbandingan Penggunaan Celebrity Endorser dan Typical-Person Endorser dan Hubungannya Dengan Brand Image Produk. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.1X,No.1.

Allo LIliweri, Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan, Citra Aditya Bakto, Bandung 1992.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Basu,Swastha Dharmmesta, T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran Analisa perilaku konsumen. Edisi pertama cetakan ketiga. BPFE Yogyakarta.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Fandy, Tjiptono, 2009. Strategi Pemasaran Jasa. CV. Andi:Yogyakarta.

Firdaus, Muhammad. 2008, Manajemen Agribisnis. Cetakan Pertama. Jakarta : Buni Aksara.

Gitosudarmo, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Cetakan Keempat, Penerbit : BPFE Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS .Semarang : UNDIP.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Junaedi, Fajar. 2013. Jurnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi. Jakarta.Kencana Prenada Media Group.

Jony Wong. 2010. Internet Marketing for Beginners. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Keller, 20016. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,Jakarta.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Amstrong. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 2. Edisi 12. Jakarta : Erlanga.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra Ilmu.

Manalu, Rosmery Tiara Marini.2016.Pengaruh Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Perlengkapan Baby Shop PT. Putera Raja Sejahtera Medan Skripsi Universitas Medan Area Diakses pada tanggal 10 desember 2018 dari http://repository.uma.ac.id

Puji, Kurniawati. 2010. Pengaruh Harga dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus pada Konsumen di Kelurahan Tegalsari Semarang) Thesis, Universitas Diponegoro Diakses pada tanggal 10 Desember 2018 dari http://eprints.undip.ac.id

Rizal dan A. Furinto. 2009. Marketing Reloaded: Kompilasi Konsep dan Praktik Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Ratna, Dwijayati dan Mochammad Zalaluddin Zuhri. 2017. Analisis Pengaruh IklanDan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman The Pucuk Harum Pada konsumen De Nala Foodcourt Jurnal STIE PGRI Dewantara Jombang.

Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media

Setiadi, nugroho J. 2010 Perilaku Konsumen. Cetakan 4.Edesi revisi. Jakarta : Kencana.

Soewito, Yudhi (2013), Kualitas Produk, Merek dan Desain Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1649, diaksestanggal 10 Desember 2018

Swastha, Basu dan Sukotjo, Ibnu.2007. Pengantar Bisnis Modern edisi 3. Liberty Yogyakarta. Yogyakarta.375 hal

Sumarno,Erick Devry, (2010) Pengaruh Iklams Dan Citra Merek HondaTerhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy. Thesis FE UNAND (tidak dipublikasikan)

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung :Alfabeta.

Suliyono, Joko. (2016). 6 Hari Jago SPSS. Yogyakarta: Cakrawala.

Widiyanto, Joko. 2010. SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS

Leighton, Cosseboom, id.techinasia.com mengapa traveloka bisa menjadi startup unicorn pertama di Indonesia artikel diakses tanggal 15 november 2018.

Www.Daftarsitusonline.Web.Id Diakses Pukul 19: 33 Tanggal 15 Januari 2019.

Http://Hukum.Kompasiana.Com/26 Juli 2010 Diakses Pukul 22:28 Tanggal 15 Januari 2019.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v11i1.1204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.