POTENSI DAN PROSPEK WISATA HALAL DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT (STUDI KASUS SITUS SEJARAH MAKAM SULTAN MALIKUSSALEH)

Lia Zahara, Damanhur Damanhur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potensi dan prospek  wisata halal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Situs Sejarah Makam Sultan Malikussaleh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan field research dimana peneliti harus terjun langsung ke lapangan guna memperoleh informasi secara langsung dari para informan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya potensi wisata halal ini dapat menjadikan peluang bisnis yang sangat bagus bagi masyarakat sekitar. Serta jumlah pendapatan yang positif yang diperoleh oleh para pelaku usaha sesudah dan sebelum membuka usaha sangat dirasakan oleh masyarakat, sehingga dengan meningkatnya pendapatan maka kesejahteraan masyarakat pun dapat menjadi lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Ananda. 2022. “Arti Prospek, Cara Menemukan Prospek, Dan Mengelola Prospek.”

Asmanidar. “Cagar Budaya Sebagai Salah Satu Objek Wisata Religi Di Kabupaten Aceh Utara (Makam Sultan Malik As-Shalih Dan Ratu Nahrasiyah).” Conference Proceedings: 408–14.

Aziwantoro, J, and P Pauzi. 2021. “Potensi Dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Kepulauan Anambas.” 8(1).

Badan Pusat Statistik. 2017. Indikator Kesejahteraan Rumah Tangga 2017. Banda Aceh.

Dura, Justita. 2016. “Pengaruh Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Alokasi Dana Desa, Kebijakan Dana Kelembagaan Desa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat.” Jurnal Jibeka 10.

Eka Dewi Santriana, Hayyun Durrotul Faridah. 2018. “Wisata Halal: Perkembangan, Peluang Dan Tantangan.” : 33.

Haryanti, Tuti. 2020. “Pengembangan Halal Tourism Dalam Menjamin Perlindungan Hukum Bagi Wisatawan Muslim.” Tahkim XVI(2): 276–88.

Jaelani, Aan. 2017. “Munich Personal RePEc Archive Halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospects.” MPRA Paper (76237): 1–20.

Kiki Endah. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat: Menggali Potensi Lokal Desa.” Moderat 6.

Silitonga, Samuel Saut Marihot, and I Putu Anom. 2016. “Kota Tua Barus Sebagai Daerah Tujuan Wisata Sejarah Di Kabupaten Tapanuli Tengah.” Jurnal Destinasi Pariwisata 4(2): 7.

Sunarti, Euis. 2013. “Tekanan Ekonomi Dan Kesejahteraan Objektif Keluarga Di Perdesaan Dan Perkotaan.” Prosiding Seminar Hasil-Hasil PPM IPB 2013.

Surur Fadhil. 2020. Alauddin University Press Wisata Halal; Konsep Dan Aplikasi.

Syahidin, Syahidin, and Masri Ramadhan. 2022. “Prospek Pengembangan Usaha Alwa Kangen Water Di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah.” Gajah Putih Journal of Economics Review 4(1): 43–53.

Wuryandani, Dewi et al. 2020. Pariwisata Halal: Potensi Dan Prospek. www.obor.or.id.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v14i1.2076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.