PENGARUH WORD OF MOUTH, KUALITAS PELAYANAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IDEALIFE DI TOKO GARDEN PLASTIC

Ainiatus Saniyah, Muhammad Anang Firmansyah, Ali Imaduddin Futuwwah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk IDEALIFE di Toko Garden Plastic. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada 120 responden. Penelitian ini menggunakan sampel dengan teknik Accidental Sampling. Alat analisis menggunakan SPSS 16.0 melalui tahapan sebagai berikut : Uji Instrument, Uji Asumsi Klasik, dan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Variabel word of mouth tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk IDEALIFE di Toko Garden Plastic. (2) Variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk IDEALIFE di Toko Garden Plastic. (3) Variabel promosi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk IDEALIFE di Toko Garden Plastic. (4) Variabel word of mouth, kualitas pelayanan, dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk IDEALIFE di Toko Garden Plastic.

Keywords


Word of mouth; Kualitas Pelayanan; Promosi

Full Text:

PDF

References


Anastasya, A. (2022, Juni). 6 Bisnis yang Punya Prospek Cerah di Masa Pandemi. Retrieved from UKMINDONESIA.ID: https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/6-bisnis-yang-punya-prospek-cerah-di-masa-pandemi

Aristo, S. F. (2016). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol 1, No. 4.

Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, Vol. 17 No.2.

Cennatal, A., & Purba, T. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada PT SAF Mitra Abadi. Manajemen dan Bisnis, Vol. 5 No. 1.

Fatihudin, D. (2020). Metodologi Penelitian untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen. Sleman: CV Budi Utama.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Pasuruan. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.

Google. (2023, Januari 08). Wajan Anti Lengket. Retrieved from Google Trends: https://trends.google.co.id/trends/explore?q=wajan%20anti%20lengket&geo=ID

Halim, F., Kumiullah, A. Z., Butarbutar, M., Efendi, Sudarso, A., Purba, B., . . . Novela, V. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Medan:

Yayasan Kita Menulis.

Hardani, & Dkk. (2020). Metode Penelitian : Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

IDEALIFE. (2023, Januari 03). Retrieved from IDEALIFE: https://www.idealife-online.com/content/About-Us

Joesyiana, K. (April 2018). Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Media Online Shop Shopee di Pekanbaru. Jurnal Valuta, Vol 4, No. 1.

Larasati, N. R., & Chasanah, A. N. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas, Word of Mouth, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Coffe. Jurnal Manajemen dan Dinamika Bisnis, Vol 1 No.11, Hal 51-60.

Naufal, A. R., & Magnadi, R. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Rahma Rahmi Collection). Diponegoro Journal of Management, Vol 6 No 4 , Hal. 1-9.

Nugrahaningsih, H., & Oktavianto, D. (2017). Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian dengan Kualitas Produk sebagai variabel moderating di Kedai Es Krim Nevatara Tanjung Priok. Jurnal Online Internasional & Nasional, Vol 20 No. 1.

Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Manado: Jurnal EMBA.

Riyanto Slamet, H. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi.

Rozi, I. A. (2021). Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 10, Hal 1-20.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: KBM Indonesia.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Medan: KBM Indonesia.

Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Ekuitas Merek, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk LionStar di Modern Market Jakarta. Ekonomi dan Manajemen, Vol.4 No.2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardy. (2011). The Power Of Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Utami, C. W. (2017). Manajemen ritel : Strategi dan implemantasi operasional bisnis ritel modern di Indonesia edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Weenas, J. R. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. EMBA, Vol.1 No.4, Hal. 607-618.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v14i1.2042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.