PELAKSANAAN MATA PELAJARAN QUR'AN HADITS PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH: STUDI KASUS DI MIN 5 ACEH BESAR

Shaumi Rahmati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan mata pelajaran Qur'an Hadits di madrasah ibtidaiyah dengan fokus pada tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MIN 5 Aceh Besar pada setiap tingkatan kelas. Pertama, perencanaan pembelajaran di kelas 2 belum dilaksanakan dengan baik karena kurangnya pemahaman guru terhadap Kurikulum Merdeka, sementara di kelas 4 model perencanaan telah dilakukan dengan lebih baik. Kedua, pelaksanaan pembelajaran di kedua kelash mengacu pada RPP yang disusun pada awal semester, namun kualitas perencanaan berbeda secara signifikan tergantung pada pemahaman guru terhadap kurikulum. Ketiga, evaluasi pembelajaran telah dilakukan, namun tidak semuanya sesuai dengan ketentuan Kurikulum merdeka, sebagian besar disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang kurikulum tersebut

Keywords


Qur`an Hadist, Perencanaan Pembelajaran, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Abdillah, M. F. H., Sa’diyah, M., & Hambari. (2025). Strategi guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran membaca Alquran sesuai hukum tajwid. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(1), 81–93. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.18051

Al-Banjari, L. N. (2022). Optimalisasi Metode Muraja’ah Pada Program Tahfiz Qur’an di MTs Al-Washliyah 30 Pematang Guntung Kabupaten Serdang Bedagai. AR-RASYID : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 103–110. https://doi.org/10.30596/arrasyid.v2i2.10618.

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RIneka Cipta.

Barizi, A., & Tholkhah., I. (2015). Membuka Jendela Pendidikan, Mengurai Akar Tradisi Integrasi Keilmuan Islam, . Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada .

Churahman, T., Hidayatullah, & Istikomah. (2022). Supervisi Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-056-4

Fitri, N. N., Mujiyatun, M., & Oktavia, A. (2024). Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Peserta Didik Kelas X di MA Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan. Journal on Education, 7(1), 4044–4053. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.7001.

Firani, P., & Supratman, Z. (2023). Mengukur Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran: Telaah Evaluasi Formatif Dan Sumatif Dalam Kurikulum Merdeka. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, Vol. 2, No.4 . 172-180.

Hasanah, U., Remiswal, & Khadijah. (2025). Analisi Instrumen Penilaian Diri Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Iman. Jurnal PAI Raden Fatah, 7(1), 75–84. https://doi.org/10.19109/pairf.v7i1.23286

Hasmawati, H., & Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 197–211. https://doi.org/10.31004/ijim.v1i3.20

Hoeruman, M. R., Zuhri, A., Assingkily, M. S., Fauziah, N., & Fikari, D. (2025). Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an Hadits Dan Implementasinya Di Era Modern. Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 9(2), 186–203. https://doi.org/10.24235/oasis.v9i2.19788

Hudiyanto, A., Hamami, T., & Wildan, S. (2023). Landasan Teoritis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Mau’izhoh, 5(2), 395–407. https://doi.org/10.31949/am.v5i2.7478

Rifa, arifatus_10. (2024). Konsep Keteladanan Terhadap Pendidikan Moral Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits Di Era Globalisasi. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 270–352. https://doi.org/10.33477/alt.v9i2.8129.

Madrasah, D. P. (2023). Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depag.

Novalita, R. (2014). Pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran (suatu penelitian terhadap mahasiswa pplk program studi pendidikan geografi fkip universitas almuslim. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi , 56-61.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tafsir, Ahmad. 2008. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Bandung: Maestro.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications Design and Methods (Sixth Editions). . Singapore: SAGE Publications, Inc




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v5i1.2394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.