STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK KELAS X SMA PUTRA BANGSA

Styo Budi Utomo, Muhammad Zidan Sulaksana, Umar Khamdan, Dendi Riswandi

Abstract


Dalam penelitian ini bertujuan unutk mengetahui strategi pembelajaran Guru Akidah Akhlak Kelas X SMA Putra Bangsa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan populasi dan sampel yaitu siswa Kelas X SMA Putra Bangsa. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran google form yang berisi tentang pernyataan-pernyataan agar jawaban lebih objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi yang tepat dan metode belajar serta menggunakan media belajar yang tepat sehingga murid dapat menerima materi belajar. Namun ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan menerima materi pembelajaran. Selain itu, guru juga menggunakan beberapa media dalam pembelajaran mata pelajaran tersebut seperti proyektor, video dan film.


Keywords


Strategi Pembelajaran, Guru, Akidah Akhlak

Full Text:

PDF

References


Azhar, Arsyad. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jambi: Gaung Persada Press

M. Ishom Fahmi Ayatillah. (2023). Analisis Media Pembelajaran Pai Kelas X Dalam Meningkatkan Hasil Belajar di SMAN 20 Surabaya, JOIES: Journal of Islamic Education Studies. 8(2).

Nasir. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Web di Kelas VIII SMP UNISMUH, Makassar. 9(1).

Rembulan Syahya, 7 Teknik Analisis Data Kuantitatif dan Langkah-Langkahnya, https://arkademi.com/blog/teknik-analisis-data-kuantitatif/ 29 January 2024 dikases 28 Maret 2025

Rifa’i, M., Hasanah, I., Zubairi, Z., & Sa’ad, M. (2022). Implementasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Bahasa Arab:(Studi Kasus di MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo). TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 68–82.

Zubaidi Hasan, Zubairi. (2023) Strategi Dan Metode Pebelajaran Akidah Akhlak, TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah, 2 (1)

Zubairi, Z., & Nurdin, N. (2022). The Challenges of Islamic Religious Education in the Industrial Revolution 4.0. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), Art. 3. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.2120




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v5i1.2392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.