Pengaruh Penggunaan Metode Talqin Terhadap Kualitas Bacaan Al-Qur’an Peserta Didik Di MA Muhammadiyah Bireuen

Kausar Ridhwan, Nurul Jeumpa, Rosnidarwati Rosnidarwati

Abstract


Pembelajaran untuk memahami tajwid atau metode talqin merupakan langkah awal, dimana dalam ilmu tajwid ini menjelaskan mengenai tata cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang sering kita sebut dengan makharijul huruf. Seorang penghafal Al-Qur’an juga memiliki kendala dalam prosesnya ketika menghafalkan Al-Qur’an. Kesulitan bagi penghafal Al-Qur’an itu seperti sulitnya ayat-ayat Al-Qur’an untuk diingat, hal ini sering terjadi dikarenakan ayat nya yang terlalu panjang atau ayat nya yang susah dilafadzkan. Susah dalam melawan rasa malas dan bosan yang disebabkan karena banyak nya kegiatan lain sehingga mengganggu waktu untuk menghafal. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan kualitas bacaan Al-qur’an siswa sebelum menggunakan metode Talqin serta mengetahui pengaruh penggunaan metode Talqin terhadap kualitas bacaan Al-Qur’an siswa di MA Muhammadiyah Bireuen. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Metode talqin yang digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas selama 3 x Pertemuan. Pada saat menyampaikan materi berawal dari pendahuluan/awal, kegiatan inti dan penutup. Adapun dalam kegiatan inti ustadz melakukan pembelajaran dengan langkah-langkah metode tahsin yang diambil yaitu Kelassikal Baca Simak (KBS). Hasil dari penelitian pengaruh metode talqin dari sampel yang di ambil dari 2 kelas yaitu kelas X dengan nilai tertinggi diperoleh oleh Fairuz Bariq dengan nilai rata-rata nilai 91,8 dengan kriteria “sangat baik”. Sedangkan di kelas XI dengan nilai rata-rata tertinggi 95,2 dengan kriteria “sangat baik”. Kualitas baca Al-Qur’an siswa di MA Muhammadiyah Bireuen tergolong dalam kategori baik, hal ini berdasarkan penilaian yang dilakukan pada proses pembelajaran dan tes individu yang dilakukan langsung oleh peneliti.


Keywords


Al-Qur’an, kualitas, kualitatif, metode, talqin

Full Text:

PDF

References


Lubis., & Husein, S. (2017) Pengaruh Metode Maisura Terhadap Kualitas Tartil Pembaca Al-Qur‟an. Mahasiswa Institut Per ustadzan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta, prodi pendidikan agama Islam fakultas Tarbiyah

Nurhasanah, Muwahidah. (2022). “Implementasi Metode Talqin Dalam Pembelajaran Hadis Pada Anak Usia Dini Di TK Fakih Al-Kautsar Tempurrejo Widodaren Ngawi.” Journal Fascho: Jurusan Pendidikan Islam Anak 1 (2): 34–42.

Syaifullah, M. (2019). Penerapan Metode An Nahdiyah dan Metode Iqra’ dalam kemampuan Membaca Al-Qur‟an. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, Vol. 2 No.1

Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual dan Kemampuan Menghafal Al- Qur'an. Tadzib Al-Akhlak No/V/1, 95-108.

Qawi, Abdul. (2017). “Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Di MTSN Gampong Teungoh Aceh Utara.” Islam Futura 16 (2): 265–83

Anggraini, Wiwik. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an. Jurnal Intelegensia, vol. 1 No.1

Aliwar. 2017. Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an Dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPQ). Jurnal Al-Ta’dib, Vol.9 No.1

Astuti, Rini. 2019. Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Pada Anak Melalui Metode AlBarqy Berbasis Apllied Behavior Analysis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 7 Edisi 2

Syukran., Salim., A., (2019). Fungsi Al-Qur’an Bagi Manusia. Jurnal Al-‘Ijaz, Vol. 1 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v4i1,%20April.2162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.