EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAJWID DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-MUNAWWARAH DESA LAMBLEUT DARUL KAMAL ACEH BESAR
Abstract
TPQ sebagai lembaga pendidikan seharusnya dapat menjadi sarana efektif bagi terciptanya pemahaman yang kritis dan kreatif menjadi tempat bagi anak didiknya dalam upaya pembinaan dan pengembangan potensinya agar mampu menjadi generasi qur’ani. Namun dalam pelaksanaannya masih didapati kelemahan santri dalam membaca Al-Qur’an, sedangkan pembelajaran tajwid telah diberikan sebagaimana mestinya oleh para guru TPQ. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran tajwid, upaya ustazh/ah dalam meningkatkan pembelajaran tajwid ,dan faktor keberhasilan dan penghambat pembelajaran tajwid di TPQ Al-Munawwarah Desa Lambleut. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Dalam penelitian ini sumber data primer diperoleh langsung dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembelajaran tajwid di TPQ Al-Munawwarah dapat dikatakan sudah efektif dibuktikan dengan penggunaan beragam metode dalam pembelajaran tajwid seperti metode jibril, qirati, metode baca tulis/tahfizh. 2) upaya yang dilakukan guru TPQ dalam meningkatkan pembelajaran tajwid berupa pembelajaran bertahap, bimbingan bacaan huruf hijayyah bagi santri pemula, pembiasaan metode klasikal dan metode face to face serta pengarahan dan bimbingan ilmu tajwid kepada santri.3) Faktor keberhasilan yaitu motivasi dari dalam diri anak, orang tua, ustadz/ah serta kecukupan media pembelajaran tajwid, sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya keseriusan santri dalam belajar tajwid, kurangnya waktu orang tua dalam mendampingin anak belajar tajwid serta pengaruh lingkungan.
Kata Kunci: Pembelajaran Tajwid, TPQ Al-Munawwarah, Generasi Qur’ani.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku:
Shihab, Q. (1992). MembumikanAl-Quran, Cet. XV.Bandung: Mizan.
Komariah, A., & Triatna, C. (2005). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Persepektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Tesis, Disertasi, atau Laporan Penelitian:
Chairani, I., & Karim, T. (2017). Pedoman dan Pengembangan TK Al-Qur'an Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPMI), Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al- Qur'an. Jakarta.
Nur, G. D. (2019). Pengertian Pembelajaran . Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan .
Windi. (2019). Kontribusi Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Terhadap Pencapaian Kompetensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Hal BACA Tulis Al-Qur’an (Studi Kasus di SDN 02 Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Propinsi Banten),. [Skripsi Jurusan PAI FITK UIN Syarif Hidayatullah] Jakarta.
Artikel dalam Jurnal:
Heningtyas , M. A. (n.d.). Peran Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Nonformal (Studi Kasus: Eksistensi "Kmapung Inggis" Kabupaten Kediri. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(2).
MZ, U. S. (2005). Panduan Kurikulum dan Pengajaran TKA/TPA. LPPTKA-BKPRMI Pusat.
Sudiarjo, A., Mariana, A. R., & Nurhidayat, W. (2015, September). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf dan Makharijul Huruf Berbasis Android. Retrieved from jurnal Sisfotek Global: https://www.neliti.com/publications/297738/aplikasi-pembelajaran-ilmu-tajwid-waqaf-dan-makharijul-huruf-berbasis-android
Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., & Kamala, I. (2019). Implementasi metode iqro’ dalam pembelajaran membaca alqur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 59-69.
Dokumen Hukum Perundang-undangan:
Undang-Undang RI 2005 No. 128,
RI, D. A. (1982). Peraturan Perundang-Undangan No. 128 Tahun 1982,. Balai Pustaka, h. 98.
DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v4i1,%20April.2160
Refbacks
- There are currently no refbacks.