PERANAN CENDEKIAWAN KAMPUS DALAM UPAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) (Suatu Kajian Pemikiran Psikologi Islami)

Miskahuddin Miskahuddin

Abstract


Cendekiawan adalah orang mempunyai sikap hidup cermat dan teliti yang senantiasa berusaha sungguh untuk meningkatkan kemampuan diri berfikir guna mengetahui dan memahami sesuatu secara komprehensif dari kehidupan alam maupun lingkungan tatanan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran cendikiawan kampus dalam melakukan upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ditinjau dari pemikiran psikologi islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui identifikasi wacana, baik dari buku, artikel, atau informasi lainnya yang berhubungan dengan masalah penelitian. Selanjutnya data dianalisis secara konten analisis. Hasil penelitian adalah peranan cendekiawan atau intelektual dianggap penting bagi pengembangan dan penguatan kemajuan kampus khususnya dan untuk pembangunan SDM, karena ia dapat memfungsikan kecerdasan akal pikirannya untuk bekerja, belajar, menggagas, membuat program, berdialog, berdiskusi, dan menjawab berbagai persoalan penting mengenai gagasan-gagasan dan pemikiran-pemikiran yang ada. Sebagai sosok cendekiawan yang memiliki keahlian khusus dan kecemerlangan ide-ide atau gagasan-gagasan pikiran yang luas dengan keterampilannya cepat mengerti situasi dan kondisi, pandai mencari dan memberi jalan keluar dalam memecahkan masalah atau pun tepat menawarkan solusi penyelesaian masalah, maka tentu akan dibutuhkannya guna untuk membangun SDM yang berkualitas

Keywords


Peranan, Cendekiawan, Pengembangan SDM, Pemikiran, Psikologi Islami

Full Text:

PDF

References


Al-Qur'an al-Karim

Harun, H. (1999). Mutiara Al-Qur’an Aktualisasi Pesan al-Qur'an dalam Kehidupan, Cetakan II. Jakarta: Logos Wahana Ilmu

Jaya, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Smart Ekselensia Indonesia. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 7(2), 1-8

Kartikowati, E & Zubaedi. (2016). Psikologi Agama dan Psikologi Islami Sebuah Komparasi, Cetakan Ke 1. Jakarta: Prenadamedia Group

Poedjawijatna, I. R. (1998). Tahu dan Pengetahuan Pengantar Ke Ilmu dan Filsafat, Cetakan Kedelapan. Jakarta: Rineka Cipta

Said, M. & Affan, J. (1990). Psikologi dari Zaman ke Zaman Berfokuskan Psikologi Pedagogis, Edisi Kedua. Bandung: Jemmars

Siddik, M., Istarani, dkk. (2017). Psikologi Agama Islam, Cetakan Pertama. Medan: lARISPA Indonesia

Suseno, B. D., Nuryanto, U. W., Fidziah., Silalahi, S., Saefullah, E., Slaeh, M., Tabroni, Abduh, E. M., Salapudin., Quraysin, I., Fatari., Lesmana, I. S., Desiyani, R. E., Auliana, S., & Asfar, A. H. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.

Yusliani, H & Emawati. (2023). Essensialisme: Filsafat Pendidikan Sintetik dan Humanistik (Kajian Komparatif Perspektif Pendidikan Islam). Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1-17




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v4i1,%20April.2154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.