POLA KOMUNIKASI USTADZ DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa)

Muhammad Fadhilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi seorang Ustadz dalam membina akhlak santri serta faktor yang menghambat pembinaan akhlak santri di Madrasah Aliyah Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang selanjutnya data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi yang selanjutnya dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi dalam pembinaan akhlak santri di Madrasah Aliyah Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa menggunakan dua pola komunikasi yaitu pola roda dan pola rantai. Pola roda memiliki konsep pimpinan yang jelas, sehingga semua informasi yang berjalan harus terlebih dahulu disampaikan kepada pimpinan. Pembinaan akhlak santri di Madrasah Aliyah Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa terpusat melalui biro pengasuhan.  Lembaga ini yang mengatur dan memiliki sistem dalam pembinaan santri, sehingga Ustadz dan Pembina (Pembimbing Santri) mengikuti arahan dari biro pengasuhan. Pola rantai memiliki lima tingkatan yang disebut dengan komunikasi atas dan komunikasi bawah yang aliran informasinya terjadi dari atas ke bawah dan sebaliknya. Langkah pertama santri melaporkan permasalahannya kepada Pengurus Organisasi Santri Madrasah Dayah (OSISMADA) yang selanjutnya dari organisasi tersebut meneruskan kepada pembina dan akhirnya bermuara kepada biro pengasuhan serta sebaliknya aturan terkait pengasuhan tahapannya melalui pembina yang diteruskan kepada organisasi santri dan disosialisasikan secara menyeluruh kepada santri-santri melalui kegiatan pembinaan

Keywords


Komunikasi; Pembinaan; Akhlak; Santri.

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Creswell, J. W. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Devito, J. A. (1997). Komunikasi Antar Manusia (Human Comunication). Jakarta: Profesional Book.

Jannah, M. (2016). Remaja Tugas-Tugasnya Perkembangan dalam Islam. Jurnal Psikoislamedia, 1(1), 243-355

Miswanto. (2014). Pentingnya Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas pada Remaja. Jurnal Studi Pemuda, 3(2), 111-121.

Santoso, M. B., Sahadi, H., & Sumara, D. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian & PPM, 5(2), 129-389.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif R & D. Bandung: PT Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v3i1,%20Oktober.1952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.