MAU’IZAH: STRATEGI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM

Qadriyah Qadriyah

Abstract


Pendidikan pada hakikatnya bukanlah untuk sebatas alih pengetahuan dan keterampilan (transfer of knowledge  and skill) saja, tetapi di dalamnya terkandung juga alih nilai-nilai (transfer of value). Pentingnya penanaman nilai yaitu nilai-nilai Islam tidak hanya dilakukan melalui pelajaran agama dan pelajaran pendidikan kewarganegaraan saja. Penanaman nilai-nilai Islam tersebut dapat juga dilakukan melalui mata pelajaran umum termasuk mata pelajaran biologi. Perlu ditemukan strategi yang tepat dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran biologi. Kurikulum 2013 memberikan peluang dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam melalui berbagai mata pelajaran yang menjadi muatan kurikulum. Penelitian ini dilaksanakan pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh dengan responden guru biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian bertujuan untuk menemukan cara yang ditempuh dalam melaksanakan pembelajaran biologi yang terintegrasi nilai-nilai Islam. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa integrasi pembelajaran biologi dengan nilai-nilai Islam diimplementasikan melalui mau’izah (nasihat). Melalui mau’izah ini pendidik mengajak peserta didik untuk dapat menyayangi, mencintai, patuh dan berbakti kepada orang tua, ayah dan ibu dan memuliakan keduanya dengan sebaik-baik perlakuan

Keywords


Mau’izah, Pembelajaran Biologi, Integrasi, Nilai-Nilai Islam

Full Text:

PDF

References


Azra, A. (2003). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millennium Baru. Ciputat: LOGOS Wacana Ilmu.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daulay, H. P. (2014). Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana

Dewan Perwakilan Rakyat Aceh. (2016). Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Agama RI. (1998). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Surabaya: CV. Aisyiah

Muhadjir, N. (2007). Metodologi Keilmuan: Paradigma Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Rake Sarasin

Poewarti, L. E., dan Amri, S. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013, Sebuah Inovasi Struktur Kurikulum Penunjang Masa Depan. Jakarta: Prestasi Pustaka

Permendikbud Nomor 59 tahun 2014 tetang Implementasi Kurikulum 2013.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Tafsir, A. (2007). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya

Zakiah, Q. Y. (2014). Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v3i1,%20April.1806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.