PERAN GURU SEBAGAI DA‘I (Studi Teoritis Pemikiran Da‘wah)

Hermansyah Hermansyah

Abstract


Fenomena kenakalan remaja menunjukkan pendidikan di sekolah perlu adanya gerakan da‘wah. Guru bukan hanya sekedar mengajar tapi juga menjadi da‘i, demikian juga anak didik bukan sekedar murid tapi juga sebagai mad‘u. Hal ini menunjukkan adanya peran guru sebagai da‘i. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran dan pendapat para pakar dalam bidang da‘wah dan pendidikan bagaimana peran guru sebagai da‘i dalam gerakan da‘wah di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode library research dan pembahasan peran guru sebagai da‘i mencakup dua hal yang tak terpisahkan, yakni bagaimana peran guru sebagai da‘i dan bagaimana pelaksanaan da‘wah di sekolah. Hasil penelitian didapatkan bahwa peran guru sebagai da‘i ditentukan dengan adanya guru yang bertindak sebagai pendidik dan pembimbing peserta didik agar mendapat kesuksesan dunia dan akhirat, guru sebagai contoh teladan, sebagai orang yang memahami keadaan jiwa peserta didik, sebagai penyaji materi da‘wah di sekolah, sebagai penyedia media da‘wah di sekolah, sebagai pengguna metode da‘wah di sekolah, dan guru sebagai pengamat efek da‘wah di sekolah. Pelaksanaan da‘wah di sekolah diawali dengan menjadikan sekolah sebagai medan da‘wah. Kemudian adanya manajemen da‘wah, adanya komunikasi antara guru dengan peserta didik yang mengandung nilai-nilai da‘wah, dan adanya gerakan amar ma‘ruf nahi mungkar di sekolah

Keywords


Da‘wah, Guru, Da‘i, Anak Didik dan Mad‘u

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A & Uhbiyati, N. (2003). Ilmu Pendidikan, cet. ke 2. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, A. (1986). Metodik Khusus Pendidikan Agama (MKPA). Bandung: Armico

Al-Khatib, M. A. (1993). Benturan Perguruan Tinggi-Syariat Islam. Surabaya: Pustaka Progresif

Amin, S. M. (2013). Ilmu Dakwah, cet. ke-2. Jakarta: Amzah

Amin, S. M. (2008). Rekontruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta: Amzah

Aziz, M. A. (2015). Ilmu Dakwah, cet. ke-4. Jakarta: Kencana

Budaiwi, A. A. (2002). Imbalan dan Hukuman Pengaruhnya bagi Pendidikan Anak, terj. M. Syihabuddin. Jakarta: Gema Insani Pres.

Budiman, M. N. (2001). Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Madani Press

Danim, S. (2003). Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daradjat, Z. (1975). Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental. Jakarta: Bulan Bintang

Faizah dan Effendi, L. M. (2015). Psikologi Dakwah, Cet. Ke-2. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fawwaz bin Hulayyil bin Rabah al-Suhaimi, Usus Minhaj Al-Salaf Fii Da‘wah Ilallah, (Saudi Arabia: Dar Ibnu al-Qayyim, 2003)

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar, Cet.5. Jakarta: Bumi Aksara

Harun, R & Ardianto, E. (2011). Komunikasi Pembangunan: Perspektif Dominan, Kaji Ulang, dan Teori Kritis. Jakarta: Rajawali Press

Ilaihi, W. (2010). Komunikasi Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Mahfuz, A. (1936). Hidayat al Mursyidin. Mesir: Maktabah Tarbiyah

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi: Satu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Munir, M. (2009). Metode Dakwah, cet. Ke-3. Jakarta: Kencana

Muttaqin, I. (2018). Komunikasi dan Dakwah pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah, 12(2), 295-305

Normina. (2017). Interaksi Edukatif Dalam Komunikasi Pendidikan Islam. Jurnal Ittihad, 15, 62-72

Rousydi, T. A. L. (1995). Dasar-Dasar Retorika Komunikasi dan Informasi. Medan: Rimbow

Sadiman, A. S. (1996). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, cet. ke-4. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara

Shaleh, R. (1977). Manajemen Dakwah Islam. Jakarta: Bulan Bintang

Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Syukir, A. (1983). Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: Al-Ikhlas

Taimiyah. I. (2005). Majmu‘ al-Fatawa, juz 20, Cet. Ke-3. Mesir: Darul Wafa’

Windiarto, T. (2019). Profil Anak Indonesia 2019. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Berkerja Sama dengan Badan Pusat Statistik.

Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646-654




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v3i1,%20April.1805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.