STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MNINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN PADA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH

Mamni Mamni, Tuti Purwoningsih

Abstract


Kepemimpinan dalam pendidikan menjadi salah satu kunci dalam pelaksanaan pendidikan yang efektif. Pemilihan gaya kepemimpinan yang tepat dapat membantu sekolah meningkatkan mutu lulusan dan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai gaya kepemimpinan yang digunakan dalam upaya meningkatkan kinerja tenaga kependidikan, menjabarkan strategi yang digunakan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan pendidik dan tenaga kependidikan saat bekerja dari rumah. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah bersifat demokratis, memiliki kepedulian, disiplin, inisiatif, kebijaksanaan, keterbukaan dan rasa stabilitas yang tinggi sehingga seluruh warga sekolah merasa nyaman dan bersemangat saat berada di lingkungan sekolah. Strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan, yaitu dengan mengikutsertakan tenaga kependidikan dalam pelatihan dan lomba yang dilaksanakan oleh kementerian pendidikan dan dinas terkait, memberikan kesempatan kepada tenaga kependidikan dan staf sekolah untuk berkolaborasi, dan memberikan reward atau penghargaan kepada guru dan staf.

Keywords


Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Tenaga Kependidikan

Full Text:

PDF

References


Amin, M. A. S. (2022). Perilaku Komunikasi dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 511-519.

Andriprianto, H. F. A., & Maridjo, H. (2022). Pengaruh Employee Engagement, Spiritualitas Kerja, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dimoderasi Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 14(1), 62-72.

Astini, Sari, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 1325.

Damayani, T., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 46-57.

Djafri, N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Kerja Kepala Sekolah di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 940-950.

Fadhilla, A. R., & Istiningsih, I. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Saat Sfh (Study Frome Home) Di Masa Pandemi Covid 19. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 113.

Gusman, H. E. (2020). Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 293-301.

Habibi, W. B., Mansur, R., & Sufiyana, A. Z. (2021). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di MA Al-Maarif Singosari Pada Masa Pandemi Covid- 19. Jurnal Pendidikan Islam, 6(3), 110.

Ilmah, S. N., Latifah, N., & Magdalena, I. (2022). Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri Rawakidang Kabupaten Tangerang. Jurnal Masaliq, 2(1), 12-25.

Irvani, A. I., Warliani, R., & Amarulloh, R. R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 3541.

Jaya, W. S. (2022). Kinerja guru ditinjau dari gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1286-1294.

Kurniawan, M. E., Arafat, Y., & Eddy, S. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Lilin. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(1), 1-8.

Laimeheriwa, V. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Pada SMA/SMK di Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan Kabupaten Maluku Barat Daya Provinsi Maluku. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(1), 1-8.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Nadeak, B., & Juwita, C. P. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menjaga tata kelola sekolah selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(3), 207216.

Nurhayati, S., Wicaksono, M. F., Lubis, R., Rahmatya, M. D., & Hidayat, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Daring Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Bagi Guru SMA Negeri 5 Cimahi Bandung. Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE), 1(2), 70-76.Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100110.

Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran oleh Guru SMK di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 3341.

Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 244255.

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., ... & Sulistiana, D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. UNISMA PRESS.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508-520.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Melalui Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryadhiningrat, R. F. K., Yuniarsih, T., & Sojanah, J. (2022). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Muhammadiyah Priangan Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(2), 164-174.

Syaifullah, S., Nurnazmi, N., & Azmin, N. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Tenaga Kependidikan Berbasis Kearifan Lokal di SMAN 3 Wera. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 3(2), 60-68.

Usman, Husaini, & Akbar, P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara.

Wijaya, W., & Purwandari, S. (2020). Workshop Optimalisasi Teknologi Informasi Guna Mendukung Kinerja Guru BK serta Peningkatan Pelayanan Konseling Kepada Siswa SMA SMK. Jurnal SAINSTECH Politeknik Indonusa Surakarta, 7(1), 6976.

Zain, A. (2022). Manajemen Pendidikan: Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Akreditasi. Penerbit Insania.




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v2i2,%20Oktober.1450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.