NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM SURAH AN-NAHL AYAT 125-126

Ema Sulastri, Hamdi Yusliani, Nur Mila Khatijah

Abstract


Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Al-Quran merupakan nilai yang sangat penting untuk diamalkan, khususnya nilai pendidikan yang terkandung dalam surat An-Nahl 125-126. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripsif-analisis dan pustaka (library research). Berbagai data yang diperoleh, baik dari buku perpustakaan, Al-Qur’an dan sumber lain yang memaparkan tentang kandungan surah An-Nahl Ayat 125-126, kemudian dianalisis untuk dapat menjawab beberapa rumusan masalah yang ingin dicapai dalam penelitian. Bersasarkan pengolahan dan analisis data, maka penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan: (1) nilai pendidikan tauhid. Surah An-Nahl ayat 125 ini dapat kita ketahui bahwa mengandung nilai pendidikan tauhid yaitu perintah untuk mengajak siapapun, anak, istri, keluarga, masyarakat dan semua pihak muslim atau non-muslim menuju jalan tuhanmu dengan pengajaran yang baik dan benar; (2) nilai pendidikan kesabaran. Dalam surah ini menjelaskan bahwa sebaiknya manusia lebih banyak bersabar dalam menghadapi berbagai macam masalah. Potongan ayat ini juga menganjurkan manusia untuk memiliki nilai pendidikan kesabaran. Sabar adalah sebagian dari iman, sikap terpuji (akhlaqul karimah) yang patut dimiliki guna meningkatkan derajat manusia sebagai khalifah Allah di muka bumi; (3) nilai pendidikan toleransi. Surah An-Nahl ayat 125-126 dapat diketahui bahwa terkandung nilai pendidikan toleransi, yaitu dalam perdebatan yang dilakukan dengan cara yang baik tanpa ada keributan; dan (4) nilai pendidikan tanggung jawab, yaitu perintah Allah SWT untuk menuju kepada jalannya dengan hikmah artinya perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang bathil.

Keywords


Nilai Pendidikan, Kandungan, Surat An-Nahl

Full Text:

PDF

References


Al-Banna, H. (2016) Aqidah Islam: Terjemahan Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 125-126. Bandung: Al-Ma’arif.

Al-Qur’an dan Tafsirnya. (2010). Surah An-Nahl Juz 14, Jilid V. Jakarta: Lentera Abadi.

Al-Qur’an dan Tafsirnya Al-Wahidi An- Nasyabury. (2010). Asbâb An-Nuzul, Mawaqiu. Jakarta: Lentera Abadi.

Anwar, R. (2016). Akidah Akhlak. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Bahreisy, H. S. (2010). Terjemahan Singkat Tafsir Ibnu Katsier, Jilid IV. Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Baidan, N. (2010). Metode Penafsiran Ayat-Ayat yang Beredaksi Mirip di dalam Al-Qur’an. Pekan Baru: Fajar Harapan.

Departemen Agama R. I. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahan Surah An-Nahl. Depok: Al-Huda.

Frondizi, R. (2018) Pengantar Filsafat Nilai.Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Gani, B. & Ahmad, Z. A. (2015) Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna. Jakarta: Bulan Bintang.

Hafiz, M. A. (2017). Mahnhaj Tarbiyah Al-Nabawiyah. Bandung: Al-Bayan.

Hamka. (2017). Tafsir Al-Azhar Juz XII-XIV. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi Bandung: Alfabeta.

Mahmud. (2017). Ilmu Penididkan Agama Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Muhaimin. (2016). Pendidikan Islam Mengurangi Benang Kusut Dunia Pendidikan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nata, A. (2014). Metodologi Studi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Raharjo. (2014). Membumikan Nilai-Nilai Qur’an dalam Proses Pembelajaran. Media; Jurnal Ilmu Pendidikan dan Islam, 33 (1), 123-129

Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Roberts, D. (2015.) Kerangka Konsep dalam Penelitian. Bandung: Kampus Merdeka.

Shihab, M, Q. (2014) Membumikan Al-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Pustaka Raya.

Shihab, M, Q. (2016). Wawasan Al-Qu’an Tafsir Maudhu’i atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Yahya, M. D. (2015) Nilai-Nilai Pendidikan dalam Al-Qur’an. Banjarmasin: Antasari Press.




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v2i2,%20Oktober.1448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.