SUPERVISI AKADEMIK: STRATEGI MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PEMBLAJARAN

Fetty Eliyani

Abstract


Supervisi akademik merupakan kegiatan pembinaan dengan memberi bantuan secara teknis kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberi ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Melalui perencanaan pembelajaran yang baik diharapkan akan mempermudah pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik di SD Negeri Lamreung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang meliputi empat tahap kegiatan, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 selama tiga bulan, yaitu mulai Juli sampai September 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri Lamreung yang berjumlah 22 orang dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan secara klasikal tentang kompetensi guru dalam menyusun RPP pada kondisi awal (pra siklus) kemampuan guru yang tuntas adalah 43,75%. Pada siklus I terjadi peningkatan 25% sehingga menjadi 68,75%. Pada siklus II, kemampuan guru tuntas meningkat 25% sehingga menjadi 93,75%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD Negeri Lamreung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar Tahun pelajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

References


Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik Untuk Menigkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 49-59.

Danim, S dan Khairi. (2011). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Harjanto. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayah, Astika Nurul. (2018). Komparasi Aspek Obyek Untuk Menentukan Keabsahan Transaksi Jual Beli Secara Online Berdasarkan Hukum Islam Dan Hukum Perdata Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Prodi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Diakses dari http://digital.library.ump.ac.id/id/eprint/18.

Jaenudin, U. (2017). Penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi Pedagogik guru dalam menyusun RPP SDN Kalapadua Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang tahun 2017. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1-8.

Noor, S. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik Berkelanjutan Terhadap Kompetensi Guru SMK dalam Menyusun Sillabus dan RPP. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 3(2).

Rosilawati, T. 2014. Supervisi Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan, 1(2),57-62.

Saiful, S. (2018). Model Pendidikan Karakter Pada Pesantren Tradisional Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam.

Shihab, Q. (1992). Membumikan Al-Quran, Cet. XV.Bandung: Mizan.

Zahro, A. (2001). Lajnah Bahtsul Masail Ulama 1926-1999, Telaah Kritis Terhadap Keputusan Hukum Fiqih. Disertasi, Program Doktor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Zakso, A., & Radiana, U. (2013). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMP Negeri 1 Bengkayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 1-16.

Undang-Undang RI 2005 No. 14, Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v2i2,%20Oktober.1416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.