EFEKTIFITAS MANAJEMEN KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Guru merupakan peranan yang paling utama dalam berlangsungnya proses pembelajaran karena seorang guru akan mengubah tingkah laku dan meningkatkan kualitas peserta didik menjadi lebih baik. Kedudukan guru sangatlah penting dalam pendidikan, tidak adanya guru, maka tak mungkin ada pendidikan. Guru merupakan seorang profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Profesi guru dihubungkan dengan kualitas manusia yang dibentuknya. Dengan demikian, kepiawaian guru menjadi hal yang utama dalam menentukan kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas manajemen kelas terhadap pembelajaran khususnya pendidikan agama islam. Pendekatan penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian kepustakaan dalam memperoleh data. Penelitian ini menggunakan sumber data kepustakaan berupa buku, jurnal, dan sumber lainnya yang dikumpulkan dari beberapa referensi terkait. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan cara mencari sumber referensi yang terkait dengan pembahasan artikel ini, kemudian menganalisis isi data-data yang sudah terkumpul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengimplementasikan manajemen kelas secara efektif dan efisien, guru perlu memiliki pengetahuan mengelola pembelajaran dalam kelas, perencanaan, dan pandangan yang luas tentang kelas. Di samping itu wibawa guru harus ditumbuhkembangkan dengan meningkatkan sikap kepedulian, semangat mengajar, disiplin mengajar, keteladanan dan hubungan manusiawi sebagai moral perwujudan iklim kerja yang konduksif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ad-Dilawi, S. W. (2005). Argument Puncak Allah. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta
Al-Abrasy, M. A. (1996). Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Titian Ilahi Press.
Al-Hafid, A. W. (2008). Kamus Ilmu Al-Quran. Jakarta: Amzah
Al-Maskawaih, A. A. A. (2003). Menuju Kesempurnaan Akhlak. Beirut: Mizan.
Al-Musawi, K. (1998). Bagaimana Menjadi Orang Bijaksana. Jakarta: PT. Lentera Basritama
Amin, A. (1975). Etika Ilmu Akhlak. Jakarta: PT. Bulan Bintang
Arifin, Z. (1989). Pengajaran Intruksional. Jakarta: Gramedia
Arikunto, S. (1989). Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, cet x. Jakarta: Rineka Cipta
Asmaran. (1999) Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan
Azra, A. (1998). Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos
Barri dan Yakub. (1998). Kamus Induk Istilah Ilmiah, Surabaya: Target Press Surabaya
Bahresi, H. (1991). Ajaran-Ajaran Akhlak. Surabaya: Al-Ikhlas
Daryanto, S.S. (1998). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Apollo
Departemen P & K,(1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Dinald, M.C. (1998). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Daradjat, Z. (2005). Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang
Gegoro, S.T. (1998). Anak Super Normal dan program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara
Hasbullah. (2005). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Ilyas, Y. (1999). Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI
Imron, A. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya
Marimba, A. D. (1981). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al- Maarif
Masnur, M. dkk. (2000). Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Jemmars
Nata, A. (2003). Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nurdin, S. (2005). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Quantum Teaching
Roestiyah, N. K. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto, M. N. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sardiman, A. M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto. (2000). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N. (2003). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Surachmad, W. (1982). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito
Surachman,W. (1974). Dasar dan Teknik Research, Pengantar Metodelogi Ilmiah. Bandung: Tarsito
Suryabrata, S. (1983). Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Yogjakarta: UGM
Syah, M. (2003). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, M. U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya
Yunus, M. (1999). Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran, Cet. III. Jakarta: Pustaka Muhammadiyah
DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v2i1,%20April.1339
Refbacks
- There are currently no refbacks.