EFEKTIFITAS MANAJEMEN KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Nurul Jeumpa

Abstract


Guru merupakan peranan yang paling utama dalam berlangsungnya proses pembelajaran karena seorang guru akan mengubah tingkah laku dan meningkatkan kualitas peserta didik menjadi lebih baik. Kedudukan guru sangatlah penting dalam pendidikan, tidak adanya guru, maka tak mungkin ada pendidikan. Guru merupakan seorang profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Profesi guru dihubungkan dengan kualitas manusia yang dibentuknya. Dengan demikian, kepiawaian guru menjadi hal yang utama dalam menentukan kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas manajemen kelas terhadap pembelajaran khususnya pendidikan agama islam. Pendekatan penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian kepustakaan dalam memperoleh data. Penelitian ini menggunakan sumber data kepustakaan berupa buku, jurnal, dan sumber lainnya yang dikumpulkan dari beberapa referensi terkait. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan cara mencari sumber referensi yang terkait dengan pembahasan artikel ini, kemudian menganalisis isi data-data yang sudah terkumpul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengimplementasikan manajemen kelas secara efektif dan efisien, guru perlu memiliki pengetahuan mengelola pembelajaran dalam kelas, perencanaan, dan pandangan yang luas tentang kelas. Di samping itu wibawa guru harus ditumbuhkembangkan dengan meningkatkan sikap kepedulian, semangat mengajar, disiplin mengajar, keteladanan dan hubungan manusiawi sebagai moral perwujudan iklim kerja yang konduksif.


Keywords


Efektifitas, Manajemen Kelas, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Ad-Dilawi, S. W. (2005). Argument Puncak Allah. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta

Al-Abrasy, M. A. (1996). Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Titian Ilahi Press.

Al-Hafid, A. W. (2008). Kamus Ilmu Al-Quran. Jakarta: Amzah

Al-Maskawaih, A. A. A. (2003). Menuju Kesempurnaan Akhlak. Beirut: Mizan.

Al-Musawi, K. (1998). Bagaimana Menjadi Orang Bijaksana. Jakarta: PT. Lentera Basritama

Amin, A. (1975). Etika Ilmu Akhlak. Jakarta: PT. Bulan Bintang

Arifin, Z. (1989). Pengajaran Intruksional. Jakarta: Gramedia

Arikunto, S. (1989). Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, cet x. Jakarta: Rineka Cipta

Asmaran. (1999) Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan

Azra, A. (1998). Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos

Barri dan Yakub. (1998). Kamus Induk Istilah Ilmiah, Surabaya: Target Press Surabaya

Bahresi, H. (1991). Ajaran-Ajaran Akhlak. Surabaya: Al-Ikhlas

Daryanto, S.S. (1998). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Apollo

Departemen P & K,(1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Dinald, M.C. (1998). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali

Daradjat, Z. (2005). Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang

Gegoro, S.T. (1998). Anak Super Normal dan program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara

Hasbullah. (2005). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ilyas, Y. (1999). Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI

Imron, A. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya

Marimba, A. D. (1981). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al- Maarif

Masnur, M. dkk. (2000). Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Jemmars

Nata, A. (2003). Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nurdin, S. (2005). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Quantum Teaching

Roestiyah, N. K. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto, M. N. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sardiman, A. M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto. (2000). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. (2003). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Surachmad, W. (1982). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito

Surachman,W. (1974). Dasar dan Teknik Research, Pengantar Metodelogi Ilmiah. Bandung: Tarsito

Suryabrata, S. (1983). Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Yogjakarta: UGM

Syah, M. (2003). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, M. U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya

Yunus, M. (1999). Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran, Cet. III. Jakarta: Pustaka Muhammadiyah




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v2i1,%20April.1339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.